Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air. Ketika hp anda kemasukan air, baik itu karena kena tumpahan air minum, kena air hujan, ataupun karena tercebur ke bak mandi. Jika tidak terlalu parah maka hp akan baik – baik saja dan masih bisa digunakan dan berfungsi secara normal. Akan tetapi apabila terlalu banyak terkena air biasanya akan timbul berbagai macam masalah.

Masalah yang biasa timbul yaitu biasanya terjadi pada speaker, seperti muncul noise atau suara berisik, suara yang semakin mengecil, atau masalah yang lebih parah yaitu Hp anda bisa mati total, tidak bisa hidup sama sekali.

Jika anda sedang mengalami hal tersebut, dan ingin tahu cara untuk mengatasinya, berikut ini sudah kami rangkum tentang sara untuk mengatasi speaker hp yang kemasukan air, penjelasan yaitu sebagai berikut :

Bagaimana Cara untuk mengatasi Speaker Hp yang Kemasukan Air ?

 

  1. Cek Volume Hp

Pertama kali cara yang harus anda lakukan yaitu mengecek terlebih dahulu volume hp. Untuk mengetahui suara yang dikeluarkan masih bekerja secara normal atau tidak. Saat anda melakukan pengecekan, perhatikan baik – baik apa suaranya masih jelas atau samar. Karena terkadang masalah terjadi bukan karena terkena air saja tapi karena pengaturan volumenya yang tidak di aktifkan dengan benar.

  1. Cek Melalui Kode Tes Speaker

Apabila cara pertama sudah anda lakukan dan ternyata suaranya tetap tidak keluar, maka anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan mengecek melalui kode tes speaker atau dengan kata lain kode informasi hardware.

samsung.com

Cara yag satu ini sangatlah akurat untuk mengetahui apakah speaker hp anda benar – benar sudah rusak atau tidak. Ini berbeda denga cara sebelumnya, karena dengan cara ini akan memaksa speaker untuk menyala.

 

  1. Bersihkan Speaker

Apabila hp anda terkena air, biasanya akan ada sisa debu atau tertinggal embun yang menempel di speaker. Jadi anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Sedangkan untuk membersihkan hp tersebut, Anda bisa membersihkannya memakai jarum atau benda lain. Caranya dengan membersihkan bagian luar speaker. Dengan cara ini bisa menghilangkan suara kresek pada speaker.

Tapi perlu anda ingat, karena posisi speaker itu berbeda – beda di setiap hp, maka anda harus memastikan lagi letaknya dimana. Jika speaker ada di belakang casing anda perlu melepas casing tersebut terlebih dahulu.

  1. Keringkan Hp

Dengan mengeringkan hp maka secara tidak langsung anda sudah mengeringkan embun air yang biasanya menempel pada speaker yang kemasukan air. Anda bisa mengerinkan hp anda dengan hairdryer, kipas angin, bahkan dengan beras.

Untuk mengeringkan hp dengan menggunakan hairdryer dan kipas angin anda perlu melepas casing serta baterainya apabila hp anda memiliki tipe removable battery. Ini bertujuan agar pengeringan bisa berjalan lebih maksimal.

Untuk mengeringkan hp dengan beras ini adalah cara yang sangat efektif. Mungkin anda tidak pernah berpikir sebelumnya tentang cara ini. Beras merupakan media yang dapat digunakan untuk mengeringkan hp karena beras mempunyai sifat untuk menyerap air dengan baik. Maka bagian komponen yang lembab seperti peaker ini dapat dikeringkan dengan beras.

Cara yang perlu dilakukan jugaa sangat mudah, siapkan beras secukupnya. Lepas casing dan baterai lalu kubur seluruh bagian hp ke dalam beras, tunggu selama satu malam. Atau lebih bagus lagi 2 hingga 3 hari. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com