Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan – Ketika rambut rontok berlebihan pasti Anda akan merasa panik diliputi khawatir. Masalah yang paling sering dialami oleh perempuan adalah rambut rontok terutama ketika keramas, walau hal tersebut adalah hal lumrah terjadi pada semua orang.

Namun, tidak sedikit dari kaum hawa yang khawatir dan memutuskan untuk mengurangi frekuensi keramas, dan berharap hal tersebut juga mengurangi kerontokan rambut. Namun, hak tersebut bukanlah sebuah solusi untuk rambut rontok.

Jika rambut Anda rontok saat keramas biasanya disebabkan karena rambut tersebut telah lemah dan rapuh, baik karena faktor lingkungan atau faktor personal. Beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok berlebihan adalah sebagai berikut :

Bagaimana Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan?

1. Jangan Berhenti Membersihkan Rambut

Mengurangi frekuensi keramas bukanlah hal yang tepat untuk mengatasi rambut rontok, ini dikarenakan oleh fungsi keramas sangat penting untuk kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala. Dengan mengurangi frekuensi keramas, rambut rontok akan semakin banyak.

Ketika rambut tidak rajin dicuci atau tidak keramas, maka akan banyak sekali bakteri menumpuk di rambut. Bakteri yang menumpuk di rambut ketika tidak keramas adalah sel kulit mati, kotoran, tumpukan residu.

Sedangkan sebum akan membuat rambut menjadi kusam dan sangat membebani rambut. Akhirnya rambut akan menjadi semakin banyak kerontokannya. Apabila rambut tidak rajin dicuci maka akan membuat sebuah lingkungan yang ideal bagi ketombe muncul.

Apalagi ketombe adalah salah satu penyebab rambut rontok, karena dengan menggaruk-garuk kulit kepala akan berakibat tidak baik untuk rambut dan kulit kepala.

Gunakanlah produk pembersih rambut yang cocok dengan jenis permasalahan, dan rambut Anda.

Oleh sebab itu, pilihlah jenis produk shampoo yang dapat menebalkan, menguatkan serta membersihkan sel kulit mati minyak sebum dan kotoran penyebab ketombe.

nih.gov

2. Mengurangi Intensitas Kerusakan Rambut

Walau kita tidak dapat menghindar dari cahaya matahari, kotoran, aktivitas sehari-hari atau polusi, akan selalu ada partikel mikro yang menempel pada kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut, membuat kulit kepala menjadi sensitif, rasa gatal, ketombe, produksi minyak berlebih serta kerusakan akar rambut.

Apabila berlebihan akan menyebabkan rambut rontok yang berlebihan. Cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengurangi tingkat kerusakan rambut.

Seperti mengurangi menggunakan catokan dengan suhu tinggi, mengurangi berenang di kolam yang mengandung kaporit, mengurangi menyisir rambut terlalu keras serta mengurangi mengikat rambut terlalu kencang. Memakai produk shampoo anti rontok adalah salah satu cara mengatasi rambut rontok.

3. Memberi Nutrisi pada Rambut dan Mengkonsumsi Asupan Makanan Sehat

Gunakanlah produk shampoo dan kondisioner yang baik dan rutin, maka rambut akan mendapat asupan nutrisi, menguatkan, melindungi rambut dari kerontokan berlebih. Pilihlah jenis produk shampoo dan kondisioner yang cocok dengan masalah Anda dan yang berhasil mengatasi masalah kesehatan rambut Anda.

Selain memberi nutrisi dari luar, Anda juga perlu memberi nutrisi dari dalam. Seperti memperbanyak asupan makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengatasi rambut rontok yang berlebihan, maka konsumsilah gizi dan protein yang sehat.

Hal tersebut amat penting untuk memperbaiki kondisi dan juga berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut dari dalam. Selain itu, Anda juga perlu dukungan dari luar agar rambut semakin sehat dan kuat. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com