Cara Mengatasi dan Mengobati Sengatan Tawon

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi dan Mengobati Sengatan Tawon – Tawon menjadi salah satu dari serangga terbang yang hidup beriringan dengan manusia. Hewan terbang ini memang kerap kali menyengat orang yang ada disekitarnya saat mereka merasa terganggu.

Sengatan tawon bisa menyebabkan bengkak pada area sekitar yang disengat tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus mengatasinya agar tidak sampai terjadi infeksi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sengatan tawon dengan sangat mudah.

Berikut adalah beberapa penjelasan – penjelasan singkatnya, antara lain :

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Sengatan Tawon dengan Mudah ?

1. Mencucinya dengan Menggunakan Sabun dan Air
Hal pertama yang penting untuk dilakukan sebagai pencegahan infeksi awal adalah dengan mencuci area yang disengat tawon menggunakan sabun dan air. Cuci hingga bersih dan bilas menggunakan air.

Ini untuk menghindari dan meminimalisir terjadi infeksi akibat sengatan lebah tadi. Karena memang hal tersebut cukup berbahaya dan harus segera mendapatkan perawatan khusus dengan segara dari pihak medis, agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan.

verywellmind.com

2. Mengompres Dingin menggunakan Handuk
Cara selanjutnya yang dapat dipakai adalah dengan melakukan pengompresan area sekitar yang terkena sengatan tawon tadi menggunakan handuk. Lakukan secara perlahan karena sengatan ini menimbulkan rasa nyeri yang cukup sakit.

Bahkan menyebabkan timbulnya pembengkakan pada area yang disengat tadi. Untuk itu pengompresan ini akan sangat membantu dalam mengatasi rasa nyeri dan sakit yang muncul pada area luka tersebut.

3. Menjaga Area Sengatan Supaya Tetap Bersih dan Kering
Selanjutnya yakni melakukan penjagaan agar area tubuh yang disengat tawon tadi tetap bersih dan kering. Dengan begitu akan dapat menghindarkan dari terjadinya infeksi yang lebih serius dan berbahaya.

Karena memang area tersebut harus selalu terjaga kebersihannya dan juga selalu dalam keadaan kering. Untuk menjaganya, Anda bisa menutupnya menggunakan bahan apapun atau membersihkannya secara rutin setiap waktu yang dibutuhkan.

4. Menutupnya dengan menggunakan Kain Kasa
Berikutnya yakni menutupnya menggunakan kain kasa. Supaya bisa tetap kering dan bersih, sehingga tidak akan menimbulkan masalah-masalah yang lebih serius dan berbahaya bagi penderitanya.

Karena memang semua itu sangat mengkhawatirkan dan tentu membutuhkan pengawasan yang cukup ketat juga.

5. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Anda juga bisa melakukan pengonsumsian obat pereda rasa nyeri agar dapat meminimalisir rasa yang tidak nyaman tersebut. Karena terkadang pada beberapa orang hingga timbul demam dan rasa nyeri yang sakitnya sangat hebat dan luar biasa.

Tentu saja, hal tersebut sangat mengganggu dan dapat membahayakan penderitanya bila dibiarkan begitu saja.

6. Bila Diperlukan Melakukan Penyuntikan Tetanus Setelah Beberapa Hari Kemudian
Hal terakhir yang bisa dijadikan antisipasi adalah melakukan penyuntikan tetanus.

Ini berguna untuk dapat meminimalisir di kemudian hari terjadi infeksi bakteri dan virus tetanus yang bisa mengancam keselamatan penderita.

Karena pada sengatan lebah terdapat racun yang cukup berbahaya dan bisa mengakibatkan terjadinya penyakit atau timbulnya tetanus pada tubuh manusia yang sistem imunnya tidak stabil atau cenderung lemah.

Sekian beberapa macam pembahasan mengenai cara mengatasi sengatan tawon dengan sangat cepat dan mudah. Hal ini disebabkan karena bagi setiap orang memiliki sistem imun dan ketahanan tubuh yang berbeda – beda.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan cara yang tepat untuk mengatasinya. Dengan begitu, tidak akan terjadi infeksi yang lebih parah lagi dikemudian hari. Itulah yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com