Cara Membuat Video Animasi yang Mudah dan Menarik

Fitri Tamara 0

Video animasi merupakan salah satu video kreatif. Sementara untuk membuat video seperti ini, Anda harus bisa telaten. Karena dalam hal ini ada banyak hal rumit yang harus Anda lalui untuk membuat sebuah video animasi. Meskipun sangat rumit, akan tetapi Anda dapat mempelajari teknik pembuatan video animasi dengan Anda harus terus belajar dan belajar.

Semakin lama Anda mempelajari cara untuk pembuatan video animasi, maka pengalaman Anda akan bertambah sehingga daya kreativitas Anda juga akan semakin berkembang. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk membuat video animasi yang bisa Anda terapkan, antara lain :

foto: powtoon.com

Bagaimana Cara untuk Membuat Video Animasi ?

 

  1. Menyusun Naskah Terlebih Dahulu

Naskah merupakan hal yang Anda perlukan dalam pembuatan video animasi. Dengan membuat naskah maka video animasi Anda bisa teratur dan memiliki tujuan. Sehingga Anda tidak terkesan membuat video secara sembarangan. Dengan, adanya naskah maka penonton bisa tahu alasan Anda membuat video tersebut.

  1. Membuat Storyboard

Storyboard merupakan gambaran kasar dari keseluruhan video animasi yang akan Anda buat. Dengan membuat storyboard, Anda bisa memperkiraan hasil akhir dari video Anda. Storyboard bisa dikatakan sebuah komik strip sederhana yang berisi perkiraan gambar dan juga angle dari sebuah gambar. Dengan membuat storyboard, Anda bisa tahu bagaimana kondep video tersebut sebelum video selesai dibuat.

  1. Menentukan Video Animasi yang Akan Dibuat

Dalam video animasi Anda terdapat berbagai jenis animasi, diantaranya animasi 2D, animasi 3D, animasi whiteboard, animasi tipografi, hingga animasi infografi. Anda bisa memilih salah satu dari jenis animasi tersebut.

  1. Membuat Voice Over

Anda bisa membuat voice over berdasarkan naskah yang telah Anda buat. Setelah voice over selesai, selanjutnya Anda bisa memulai untuk mmebuat video animasi. Nantinya, video animasi harus Anda sesuaikan dengan voice over yang telah Anda buat. Dengan membuat voice terlebih dahulu maka Anda akan lebih mudah mengganti animasi bila terjadi kesalahan.

  1. Membuat Video Animasi

Apabila Anda sudah memiliki naskah dan voice overnya sudah dibuat, maka selanjutnya Anda bisa membuat video animasinya. Dalam membuat video animasi, Anda bisa menggunakan software pembuat video untuk PC maupun aplikasi pembuat video untuk smartphone. Selain itu, Anda juga bisa membuat video animasi secara online melalui situs – situs pembuatan animasi dan tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet.

  1. Menambah Background Musik

Anda bisa membuat video Anda menjadi lebih hidup dengan menambahkan background musik. Tentunya, Anda harus menyesuaikan background musik tersebut dengan video animasi Anda. Apabila video Anda bertema ceria maka Anda bisa menambahkan background musik yang ceria. Apabila video Anda bertema sedih maka background musiknya juga harus sedih.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa efek musik agar video Anda semakin menarik. Dalam menambahkan background musik, Anda harus menggunaan audio yang bebas hak cipta agar Anda aman dari tuntutan orang lain.

Itulah cara membuat video animasi yang bisa Anda terapkan. Meskipun rumit, Anda harus tetap semangat untuk membuat video animasi. Anda harus terus belajar dan mengasah ketrampilan Anda. Apabila Anda sudah trampil dalam membuat video animasi, maka Anda bisa memanfaatkan ketrampilan Anda untuk membuka jasa pembuatan video profesional. Tentu saja, hal tersebut akan bermanfaat bagi diri Anda sendiri maupun untuk orang lain.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com