Cara Membuat Absen di Google Classroom di HP maupun PC

Fitri Tamara 0

Berikut ini akan kami jelaskan cara membuat absen di Google classroom untuk kepentingan absensi siswa pada kelas mengajar atau untuk kepentingan sejenisnya.

Ini berguna untuk diaplikasikan pada pembelajaran jarak jauh , belajar dari rumah yang membutuhkan dukungan tools penunjang guna memastikan proses belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik.

apple.com

Langkah-langkah membuat absen di Google Classroom

1. Login ke fitu Google Classroom kemudian buka kelas, kemudian lannutkan dengan buka tugas kelas.

2. Kemudian klik buat, lalu pilih Topik, beri judul topik sesuai keperluan misalnya “Absensi Murid”, setelah selesai klik tambahkan.

3. Langkah berikutnya, kembali ke tugas kelas, kemudian klik buat, selanjutnya klik tugas kuis, dan beri judul beserta tanggal absen kelas. Disitu juga ada kolom petunjuk, isi dengan keterangan yang diperlukan untuk pengisian atau bisa juga dikosongi (pilihan opsional).

4. Langkah keempat, klik pada bagian Blank Quiz, kemudian beri judul “Absen Siswa” atau sesuai kebutuhan. Kemudian di kolom Untitled Question ketik Kehadiran (atau kata lain yang diperlukan) . Kemudian tulis opsi “hadir” selanjutnya klik pada opsi tulis “wajib diisi”

5. Langkah kelima klik pada menu setelan (setting), pada setelan umum klik di batasi satu tanggapan saja, kemudian klik pada menu kuis, aktifkan “jadikan ini sebagai kuis” kemudian klik simpan (save).

Demikianlah langkah praktis cara membuat absen di google classroom .Ini merupakan piranti lunak berguna guna suksesnya pembelajaran jarak jauh. Dengan membuat absensi tersebut, kita bisa memonitor keaktifan serta menilai faktor kerajinan dari peserta BDR.

Cara membuat absen di google classroom ini juga culup praktis, bisa dibuat di HP atau bisa juga di PC, jadi sangat fleksibel.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com