Cara Memblokir Nomor HP yang Mengganggu

Fitri Tamara 0

Cara Memblokir Nomor HP yang Mengganggu. Apakah Anda pernah mendapatkan telepon atau pesan masuk dari nomor tidak dikenal ? Tentu satu atau dua kali Anda pasti pernah mengalami hal tersebut. Entah dari mana ia mendapatkan nomor telepon yang Anda gunakan sehingga ia dengan leluasanya mengirimkan pesan ataupun melakukan panggilan.

Dengan segala modus yang ia lakukan, pastinya ia memiliki niatan untuk mendapatkan keuntungan setelah melakukan pemanggilan ini. Entah sekadar untuk mendapatkan kesenangan yaitu dengan mengerjai orang lain atau yang lebih parahnya adalah penipuan yang dapat merugikan pihak – pihak yang menjadi korbannya.

foto: liputan6.com

Terkadang mengaku sebagai orang tua kita dan tengah berada di kantor polisi mebutuhkan kiriman pulsa tetapi dengan jumlah yang tidak sewajarnya. Selain itu, terkadang ada juga yang berkedok hadiah undian suatu brand kendaraan bermotor, acara televisi, atau produk-produk komersial.

Dan modus penipuan lain yang biasa terjadi adalah telepon yang mengaku sebagai kerabat kita dan sedang dirawat di rumah sakit akibat mengalami kecelakaan. Telepon dengan alasan ini tentu menimbulkan kecemasan, terlebih kepada orang tua.

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati – hati ketika menerima panggilan atau pesan dari nomor yang tidak Anda kenal. Karena bisa saja si penelepon bermaksud jahat dan berniat untuk meraup keuntungan dari Anda.

Untuk menghindari telepon dan pesan-pesan palsu seperti itu, Anda harus menguasai cara untuk memblokir nomor handphone yang mengganggu agar Anda tidak menjadi korban selanjutnya.

Jika Anda tidak ingin menjadi korban selanjutnya, maka Anda sudah seharusnya memblokir nomor tersebut agar tidak dapat menghubungi ponsel Anda kembali.

Berikut beberapa cara untuk memblokir nomor yang tidak dikenal untuk menghindari telepon – telepon palsu dan pesan – pesan penipuan dengan berbagai kedok yang dapat merugikan bagi Anda nantinya.

Sementara untuk cara yang dapat Anda lakukan untuk memblokir nomor Hp yang mengganggu adalah sebagai berikut :

Bagaimana Cara Memblokir Nomor HP yang Mengganggu ?

 

  1. Memblokir melalui kontak telepon

Sementara untuk cara yang pertama ini, Anda harus menyimpan nomor yang dituju terlebih dahulu. Lalu setelah disimpan, buka nomor kontak tersebut pada kontak telepon. Selanjutnya pilih opsi detail dan muncul pilihan blok kontak. Kemudian pilih blok kontak tersebut untuk memblokir nomor hp itu tadi.

  1. Memblokir melalui riwayat panggilan

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, melalui riwayat panggilan Anda tidak perlu meniympan nomor penipu tersebut terlebih dahulu. Dengan cara ini, tahapan pemblokiran dilakukan langsung dari menu Panggilan, yaitu dengan klik nomor yang Anda tuju lalu pilih pilihan blokir nomor.

  1. Memblokir melalui pesan

Jika sebelumnya memblokir melalui panggilan, di cara ini Anda akan melakukan pemblokiran melalui pesan.  Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah pada halaman perpesanan di pojok kanan atas terdapat pilihan lainnya yang biasa ditandai dengan ikon titik tiga. Jika sudah menemukan ikon tersebut, klik lalu pilih blokir kontak.

Jika sudah melakukan tahapan tersebut, maka nomor tersebut dapat dipastikan telah terblokir dan tidak akan bisa menghubungi Anda kembali. Penjelasan diatas merupakan langkah-langkah atau cara yang dapat Anda lakukan untuk memblokir nomor yang menurut Anda mengganggu kenyamanan Anda.

Satu hal yang perlu diingat bahwa setiap ponsel memiliki pengaturan dan tampilan yang berbeda. Jadi kami sarankan untuk lebih memahami pengaturan dan tampilan ponsel Anda.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com