Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan Gmail

Fitri Tamara 0

Di zaman sekarang, handphone (HP) menjadi salah satu barang yang wajib untuk dimiiliki karena hampir semua aktivitas kita di setiap harinya tidak jauh dari handphone. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, handphone menjadi barng yang tidak pernah jauh dari kita. Untuk bangun tidur kita membutuhkan handphone sebagai alarm.

Sekolah, kuliah, ataupun kerja, butuh handphone untuk membantu kita dalam mengerjakan tugas-tigas yang kita terima. Sebelum tidur, kita menggukan handphone untuk mengisi waktu luang sekaligus refreshing setelah sehari penuh berkegiatan.

Oleh karena itu, hampir semua orang memiliki handphone karena handphone dinilai sebagai barang yang paling berharga dan paling dibutuhkan di zaman sekarang.  Lalu, bagaimana jika handphone kita hilang? Lantas bagaimana kita melakukan kegiatan keseharian kita yang tidak pernah lepas dari barang yang satu ini?

Nah, bagi kamu yang sedang kehilangan handphone, berikut adalah langkah – langkah yang dapat kamu lakukan untuk membantu mendapatakan handphone kamu kembali dengan memanfaatkan fitur – fitur yang ada pada google mail/Gmail. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk melacak hp yang hilang, antara lain :

foto: apk4fun.com

Bagaimana Cara Melacak HP yang Hilang dengan Gmail ?

Dengan menggunakan Gmail yang nantinya akan terhubung dengan fitur Find My Device dan Google Maps

Setelah membeli handphone android, pastinya kamu diwajibkan untuk membuat akun Gmail jika memang belum memiliki akun Gmail, lalu mengaktivasi akun Gmail tersebut pada handphone android kamu.

Namun, jika sudah memiliki akun, maka setelah menyalakan handphone andoid baru itu, kamu langsung memasukkan akun gmail-mu pada handphone tersebut. Jadi, pada dasarnya seluruh pengguna handphone android memiliki akun Gmail.

Nah, Gmail ini ternyata memiliki banyak sekali fitur didalamnya. Salah satunya, kamu dapoat melacak lokasi handphone kamu yang hilang dengan email Gmail kamu. Untuk tahapan-tahapannya akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Pertama, dengan menggunakan handphone lain atau bisa juga menggunakan browser di laptop ataupun handphone, masukkan alamat email Gmail kamu dan pastikan alamat email yang kamu masukkan adalah alamat email yang sama dengan alamat email handphone kamu yang hilang.
  2. Jika menggunakan browser, tekan ikon kotak pada bagian atas, lalu pilih pilihan “akun”
  3. Setelah itu, di layar perangkat yang kamu gunakan, nantinya akan tampil informasi mengenai akun Gmail kamu. Lalu pada kolom pencarian masukkan kata kunci “temukan ponsel anda” atau “find your phone” lalu pilih pilihan find your phone yang muncul.
  4. Selanjutnya, kamu akan diberikan daftar perangkat apa saja yang terhuung dengan akun Gmail yang kamu masukkan tadi. Lalu pilih nama perangkat handphone kamu yang akan kamu cari.
  5. Lalu, kamu akan mendapatkan tampilan dari fitur find my device dan kamu bisa mengetahui lokasi dari handphone yang kamu cari. Pada fitur find my device ini, kamu dapat membunyikan, mengunci, atau menghapus perangkat.
  6. Sebagai catatan, pencarian dengan cara ini dapat bekerja jika fitur lokasi pada handphone tujuan kamu itu diaktifkan.

Pelacakan ponsel kita yang hilang memang sangat mungkin untuk kita lakukan sendiri. Akan tetapi, tetap ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Contohnya yaitu, adanya koneksi ponsel dengan internet, terpasangnya aplikasi pelacakan pada handphone yang dituju, dan hal yang paling penting adalah kamu tidak lupa alamat email serta kata sandi yang aktif di perangkat yang hilang tersebut.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com