Cara Efektif Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Fitri Tamara 0

Cara Efektif Mengatasi Cegukan Saat Puasa – Cegukan adalah salah satu hal yang paling menyebalkan, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan meminum air putih dengan banyak hingga rasa cegukan menghilang.

Namun bagaimana jika Anda yang mengalami cegukan tengah berpuasa di bulan Ramadhan, maka Anda wajib membaca artikel ini dari depan hingga tuntas untuk mengetahui cara mengatasi cegukan saat puasa.

Agar tidak terjadi cegukan ketika puasa, Anda harus mencegahnya. Cara mencegah cegukan saat puasa adalah dengan tidak makan berlebihan ketika sahur, makan perlahan ketika sahur, menghindari makanan pedas, dan minuman bersoda.

Anda harus segera pergi ke dokter jika cegukan yang Anda alami diikuti oleh sesak napas, ludah bercampur darah dan gejala lainnya. Perlu diketahui bahwa cegukan itu sendiri merupakan kondisi tidak menyenangkan yang amat mengganggu, teknik tradisional untuk mengatasinya adalah dengan meminum air sebanyak mungkin hingga cegukan menghilang.

Namun terdapat cara lainnya untuk meringankan atau menghilangkan cegukan. Berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cegukan di bulan puasa, di antaranya, meliputi :

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Cegukan Saat Puasa?

1. Bernapas dalam Kantong Kertas
Cara mengatasi cegukan yang pertama adalah dengan bernapas dalam kantong kertas. Dalam hal ini, cara yang harus Anda lakukan juga cukup mudah dan tidak sulit. Hiruplah udara banyak-banyak lalu buang di dalam kantong kertas yang Anda pegang.

Ulangi langkah tersebut hingga cegukan yang Anda alami hilang sepenuhnya. Lakukan hanya di kantong kertas, bukan kantong plastik. Otot diafragma yang tegang akan menjadi rileks ketika Anda bernapas di dalam kantong kertas.

Saat otot diafragma tersebut rileks, maka cegukan yang Anda alami pun akan menghilang, pastikan Anda mengikuti tutorial dari kami. Cara ini tidak direkomendasikan jika kantong yang digunakan adalah kantong plastik.

2. Tekuk Lutut Mengarah ke Dada
Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada saat puasa adalah menekuk lutut hingga mengarah ke dada. Arahkan lutut Anda yang ditekuk hingga sangat dekat dengan dada, upayakan untuk menahan posisi tersebut kurang lebih selama 2 menit. Cara ini juga efektif dilakukan karena diafragma akan tertekan sehingga udara dapat keluar.

news-medical.net

3. Pijat di Area Ulu Hati
Memijat ulu hati merupakan cara selanjutnya yang dapat Anda terapkan ketika mengalami cegukan di bulan puasa, tidak sulit melakukannya.

Anda cukup mengatasi cegukan saat puasa dengan memijat area ulu hati secara lembut. Lakukan langkah tersebut hingga cegukan hilang, rentang waktu yang Anda butuhkan adalah kurang dari semenit.

4. Menahan Napas
Teknik selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan di saat puasa adalah menahan napas, cara ini sangat mudah. Tahan napas Anda dengan memakai hitungan dari 1 hingga 10, namun dihitung lambat. Teknik ini dapat dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali selama dua puluh menit, apabila cegukan tidak hilang, ulangi teknik ini hingga cegukan tidak dirasakan kembali.

5. Memijat Pembuluh Darah di Leher
Cara terakhir untuk mengatasi cegukan adalah memijat pembuluh darah di leher, caranya cukup mudah yaitu dengan berbaring di atas sofa, kemudian putar kepala ke kiri, pijatlah pembuluh arteri karotis di sebelah kanan leher dengan gerakan berputar selama lima hingga sepuluh detik. Arteri karotis sendiri memiliki fungsi yaitu untuk mengantarkan darah ke otak dan kepala.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com