Cara Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Online dan Offline Lengkap

Fitri Tamara 0

Berikut ini dijelaskan cara-cara berhenti berlangganan Indihome Online dan Offline Lengkap, yang berarti bisa langsung datang ke kantor ataupun bisa kontak lewat telepon. IndiHome atau kepanjangannya Indonesia Digital Home merupakan layanan komunikasi serta data terpopuler di Indonesia, termasuk layanan-layanan menarik seperti internet, telepon rumah serta siaran TV interaktif.

Meskipun mempunyai layanan cukup beragam, namurn terkadang ada beberapa permasalahan yang cukup membuat pelanggannya menjadi gemas, dan bertanya, bagaimana menyelesaikan masalah tersebut, sehingga sampai pada keputusan bahwa harus berhenti berlangganan layanan IndiHome tersebut.

Alasan Berhenti berlangganan IndiHome

Banyak yang menjadi keluhan dari pelanggan IndiHome sehingga sampai pada keputusan untuk berhenti langganan. Masing-masing pelanggan tentunya mempunyai sebab-sebab tersendiri. Dari yang penulis coba kumpulkan, alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Biaya tagihan yang tidak konsisten, misalnya pada 1-3 bulan pertama tidak ada masalah, sesuai tarif yang dikenakan serta disetujui bersama, namun bulan berikutnya ada tagihan yang tiba-tiba melonjak tanpa rincian yang detail.
  • Layanan internet tiba-tiba mati pada jam-jam tertentu dengan frekuensi yang sering dan lama, sehingga tentu saja mengganggu aktifitas kerja atau hiburan kita yang membutuhkan koneksi internet setiap waktu.
  • Batas pemakaian normal atau FUP (Fair Usage Policy) tidak konsisten, berubah-ubah pada masing-masing bulan, tidak sesuai dengan yang tertera pada perjanian awal. FUP merupakan batas kuota normal untuk menggunakan internet, apabila melebih batas, maka kecepatan internet diperlambat oleh provider.
  • Kecepatan internet tidak sesuai yang dijanjikan, melambat meskipun FUP masih sangat banyak.
  • Bila cuaca sedang kurang bagus, seringkali terjadi koneksi internet lambat, tidak stabil bahkan jaringan down

Memang kita masih bisa mengatasi permasalahan dan mencari solusi dengan mengkomunikasikannya dengan Customer Service dari IndiHome. Anda bisa langsung mendatangi kantor IndiHome untuk mengadukan permasalahan agar dicarikan solusinya ataupun bisa juga menyampaikan keluhan lewat telepon.

 

Namun bila kejadian tersebut sudah dilaporkan, serta sudah ada solusinya, namun bila masalah timbul lagi atau berkelanjutan, maka mungkin keputusan untuk berhenti merupakan salah satu opsi agar tidak selalu terjadi masalah yang berulang.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

1. Proses Secara Offline

Bila anda mempunyai waktu dan kesempatan, serta lokasi dari kantor IndiHome yang biasanya di kantor cabang Telkom dekat,tidak terlalu jauh, maka bisa langsung menuju kantor tersebut untuk mengurus berhenti berlangganan. Persyaratan yang diperlukan adalah sebagai berikut

  • Fotokopi atau scan e-KTP anda atau anggota keluarga yang ada pada Kartu Keluarga di rumah yang terdaftar menjadi pelanggan IndiHome sebanyak 1 lembar saja.
  • Lampiran bukti pembayaran tagihan Indihome satu bulan terakhir.
  • Bawalah perangkat IndiHome yang terpasang di rumah, dimana barang tersebut pada ketentuannya merupakan pinjaman. Barang tersebut biasanya berbentuk router ataupun modem, atau STB Box, bila anda berlangganan TV Kabel.
  • Setelah sampai di kantor Telkom, segera ambil nomer antrian untuk pelayanan IndiHome , atau sesuai ketentuan di kantor cabang tersebut.
  • Setelah tiba giiran anda dipanggil, segera utatakan maksud anda untuk berhenti berlangganan pada CS yang melayani. CS akan langsung memandu untuk prosedur berikutnya, dan proses biasanya berlangsung cepat.

 

2. Proses secara Online

Bila anda tidak mempunyai banyak waktu untuk datang langsung ke kantor cabang Telkom, atau jarak domisili anda cukup jauh, maka cara berhenti berlangganan secara online ini cocok bagi anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan cara online ini yaitu sebagai berikut:

  • Hubungi Call Center

Call center 24 jam dari Telkom tersedia untuk melayani, memang ditujukan bagi anda agar bisa menghubungi setiap waktu, pada kesempatan luang anda, jadi tidak terbatas pada jam kerja saja.

Tidak ada syarat rumit untuk melakukan proses ini, cukup pastikan bahwa pulsa anda cukup untuk melakukan panggilan, karena prosesnya mungkin akan memerlukan waktu beberapa lama, sehingga pulsa yang cukup bisa membuat semua proses verifikasi bisa berjalan lancar dan tidak terputus di tengah-tengah proses.

Persiapan lain cukup siapkan detail ID pelanggan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), pastikan ada di tempat yang bisa dibaca dengan jelas, atau bisa anda pegang, sehingga bisa dengan mudah membaca detail keterangan yang diperlukan.

Berikut ini tahapan-tahapannya:

  • Langkah pertama hubungi call center IndiHome pada nomor 147
  • Bila sudah tersambung, langsung utarakan maksud dan tujuan anda kepada petugas layanan call center.
  • Petugas biasanya akan menanyakan serta memverifikasi data anda , menanyakan terlebih dahulu Nama anda , Nomor KTP anda, ID pelanggan IndiHome, Nomor handphone aktif yang bisa dihubungi, serta alasan kenapa anda ingin berhenti berlangganan.
  • Kemungkinan juga ada pertanyaan-pertanyaan tambahan lain bila memang diperlukan.
  • Selanjutnya petugas akan mengajukan pertanyaan sehubungan dengan tagihan IndiHome pada bulan berjalan, apakah tagihan tersebut sudah dibayar lunas ataukah belum.
  • Kemudian petugas CS akan menjelaskan informasi terkait serta prosedur aturan pembatalan serta tata cara pengembalian sarana atau fasilitas IndiHome yang dipinjamkan. Ada 2 opsi yang bisa dipilih, yaitu anda membawanya ke kantor, atau ada petugas dari IndiHome akan datang ke rumah untuk mengambilnya.
  • Jika semua proses sudah selesai maka proses pemutusan berhenti berlangganan akan selesai secepatnya.

3. Melalui Media Sosial

Dengan adanya era media sosial sekarang ini cukup membantu bagi orang berkomunikasi serta memproses berbagai keperluan, termasuk berhenti berlangganan Indihome.

Ini bisa dilakukan melalui Instagram dan Twitter, dimana IndiHOme mempunyai akun pada platform-platform tersebut. Ini merupakan cara yang cukup santai dan murah, karena anda tidak perlu keluar pulsa untuk menelpon atau datang ke kantor Indihome untuk memprosesnya.

Namun untuk prosesnya kadang tidak bisa langsung direspon, karena begitu kita mengirimkan permintaan melalui akun tersebut, maka perlu waktu atau menunggu respon dari admin dari masing masing admin Instagram Indihome atau admin Twitter dari Indihome, jadi prosesnya tidak instan.

Faktor lainnya kenpa tidak instan, tentunya karena banyak pelanggan lain yang menghubungi akun tersebut, sehingga kita harus sabar dalam menunggu respon selanjutnya.

Cara berhenti berlangganan melalui medsos ini cukup mudah, hanya perlu melakukan langkah langkah simpel berikut ini:

  • Jika menghubungi lewat Twitter, bisa mencari username @IndiHome, sedangkan bila melalui Instagram bisa mencari akun instagram dari Indihome di akun @IndiHome
  • Setelah menemukan akun tersebut, kirim pesan DM ke akun tersebut, kenudian sampaikan maksud anda untuk berhenti berlangganan secara detail.
  • Balasan dari Indihome pertama-tama biasanya meminta anda untuk mempertimbangkan dahulu keputusan tersebut dan menanyakan alasannya. Bila anda sudah yakin dan mengemukakan alasannya, maka admin akan memberikan panduan lebih lanjut.
  • Mengenai peralatan IndiHome juga akan dipastikan apakah anda yang akan mengembalikan ke kantor IndiHome, atau akan ada petugas yang mengambilnya.

 

Sebagai catatan, sebelum peralatan IndiHome dikembalikan, pastikan alat tersebut masih berfungsi dengan baik serta bila masih dalam keadaan kotor, bisa anda bersihkan terlebih dahulu. Namun bila ada kerusakan, maka anda juga harus siapkan uang untuk menggantinya, dimana jumlahnya akan ditentukan oleh petugas dari IndiHome.

 

Kemudian jika dalam 1 x 24 jam setelah pengajuan pemeberhentian langganan dan internet ternyata masih menyala, maka segera laporkan kondisi tersebut kepada indiHome guna menjaga agar anda tidak dikenakan tagihan selanjutnya.

 

Demikian Cara Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Online dan Offline Lengkap yang sebenarnya cukup mudah prosedurnya dan tidak berbelit belit. Anda mempunyai keleluasaan untuk memilih opsi-opsi yang ada tersebut sesuai dengan kondisi anda sekarang, sehingga tidak mengganggu waktu anda. Sesuaikan dan pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara tersebut.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com