Berkebun Bumbu Dapur dan Budidaya Lele dengan Sistem Aquaponic

Fitri Tamara 0

Berkebun Bumbu Dapur dan Budidaya Lele dengan Sistem Aquaponic

Apakah Anda ingin berkebun sekaligus budidaya ikan lele akan tetapi tidak meiliki tempat yang ebsar? Jangan khawatir, sebab sekarang ini sudah ada sistem yang bernama “ Aquaponic”, berkebun sekaligus budidaya ikan lele di tempat yang sempit. Lantas, apa yang dimaksud dengan sistem aquaponic itu sendiri? Aquaponic adalah sistem tanam hidroponik dengan simbiosis mutualisme antara ikan dan tanaman. Kelebihannya selain lebih hemat tempat, Anda pun juga dapat hemat waktu serta biaya. Sebab, tidak perlu menyirami, bahkan dapat tanam daftar bumbu dapur, sehingga mengurangi ongkos bulanan rumah tangga juga, hehehe. Belum lagi tanaman bumbu dapurnya adalah organik, sehingga jadi jauh lebih sehat serta Anda bisa juga budidaya ikan lele. Bentuk dari sistem aquaponic ini bisa berbagai macam, tinggal Anda sesuaikan saja dengan space atau ruang yang Anda miliki.

Kesulitan berkebun bumbu dapur dan budidaya lele sistem aquaponic

  • Kesulitan yang pertama dari berkebun bumbu dapur dan budidaya lele sistem aquaponic ini adalah membuat sistem aquaponic itu sendiri, sebab harus membuat rancangan aliran air, serta melubangi pipa paralonnya sendiri.
  • Aquaponic ini tidak dapat dilakukan di dalam ruangan, sebab tanaman juga butuh cahaya matahari yang cukup, jika sampai tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup, maha warna tanamannya bisa kuning lalu layu. Ingat, sistem tanam ini dialiri air selama 24 jam.
  • Untuk bisa menarik air naik dengan melalui pipa juga menggunakan listrik, memang tidak besar sama halnya saat Anda menggunakan aquarium, akan tetapi jika mati listrik mau tidak mau harus disiram secara manual.

Kelebihan berkebun bumbu dapur dan budidaya lele sistem aquaponic

  • Lebih hemat tempat, sebab fleksibel dapat dibuat dengan ukuran berapapun sesuai yang Anda inginkan.
  • Investasi, sebab Anda juga dapat mengurangi cost untuk membeli bumbu dapur dan mendapatkan uang tambahan dari budidaya ikan lele jika Anda ingin menjual ikan lelenya tersebut.
  • Air lelenya tidak bau seperti pada kolam ikan lele pada umumnya, sebab airnya disaring oleh tanaman. Ditambah ikan lele hasil aquaponic ini jauh lebih sehat daripada ikan lele di tambak yang hanya dikasih pelet dengan tempat yang sangat berdesakan.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang berkebun bumbu dapur dan budidaya lele dengan sistem aquaponic. Semoga bisa bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.