Begini! Tutorial Cara Memasang Dasi SMP yang Benar

Fitri Tamara 0

Begini! Tutorial Cara Memasang Dasi SMP yang Benar

Ketika masuk sekolah SMP  siswa diwajibkan memakai dasi setiap kali kegiatan sekolah. Dasi dominan  berwarna biru ini sering disebut dasi segitiga. Kelebihan dari dasi sekolah SMP ada pengait, sehingga mudah dilepas dan dipakai. Sekilas mirip dengan dasi kantoran.

Dasi segitiga SMP mempunyai persamaan dengan dasi kantoran yang sama – sama memiliki pengait. Namun perbedaannya dasi kantoran memiliiki berbagai motif yang menarik. Sedangkan dasi segitiga SMP hanya berwarna biru saja.

Dasi segitiga kantoran dipakai untuk acara formal dan acara penting lainnya. Sementara dasi segitiga SMP hanya dipakai untuk acara kegiatan sekolah. Dari segi bentuknya seperti itu cara pakainya pun memiliki cara tertentu yang membuat sebagian siswa mengalami kesulitan memakai dasi.

Tidak semua siswa yang  bisa memakai dasi jenis tersebut. Tutorial cara memasang dasi SMP yang benar penting dipahami oleh siswa. Berikut ini adalah 3 tutorial cara memasang dasi SMP yang benar dan penting diketahui, antara lain :

Bagaimana Tutorial Tentang Cara Memasang Dasi dengan Cara Benar dan Tepat ?

brilio.net
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memasang dasi adalah meletakkan dasi yang panjang disebelah kir dan dasi pendek letakkan disebelah kanan.
  2. Langkah kedua yaitu silangkan dasi yang pendek dan panjang dengan posisi dasi yang panjang berada di atas dasi yang pendek.
  3. Setelah itu, arhkan dasi yang lebih panjang ke depan tali dasi yang lebih pendek. Lalu, eratkan hingga dasi benar – benar menyatu.
  4. Setelah kedua dasi menyatu, lalu tarik dasi yang panjang serta arahkan ke lubang tali atas yang berada di dekat leher.
  5. Langkah kelima yaitu tumpuhkan tali dasi secara longgar dengan menggunakan ibu jari tangan. Kemudian, masukkan tali dasi yang panjang ke tali yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Setelah beberapa langkah Anda lakukan, kemudian lepaskan ibu jari tangan yang menahan tumpukan tali. Lalu, kuatkan kembali tali dasi dengan cara menarik dasi yang pendek, dimana tali ini berada dibelakang tali dasi yang panjang ke arah bawah. Setelah itu, tarik lagi kedua dasi ke atas secara bersamaan.

Selain beberapa langkah di atas, ada pula cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memasang dasi dengan cara yang benar. Anda bisa melakukan tutorial di bawah ini, jika Anda kurang memahami cara yang sudah kami jelaskan di atas. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan cara Full Windsor. Sedangkan langkah memasang dasi dengan cara Full Windsor ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah yang pertama yaitu silangkan dasi yang telah terpasang di kerah kemeja. Letakkan dasi yang panjang didepannya dasi yang kecil
  2. Setelah dasi selesai disilangkan, lalu tarik dasi yang panjang melewati bagian belakang
  3. Kemudian tarik kembali tali dasi ke depan tanpa melewati simpul
  4. Jangan lupa tarik juga dasi ke samping dan harus dilakukan secara horizontal
  5. Lalu tarik kembali dasi yang panjang ke atas. Anda dapat menariknya melewati bagian belakang sisi kiri
  6. Selanjutnya yaitu tarik lagi dasi panjang ke samping, sehingga menutupi simpul di sisi kanan dan kiri
  7. Setelah itu, tarik lagi ke atas
  8. Setelah langkah – langkah di atas selesai dilakukan, selanjutnya selipkan melalui simpul di bagian depan
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com