Bagaimana Tips Serta Cara Lulus Tes SIM C Teori dan Praktek

Fitri Tamara 0
sim c

Bagaimana Cara Lulus Tes SIM C. Dapat membawa kendaraan bermotor sendiri ini memang merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Namun sayangnya bagi Anda yang tidak memiliki surat izin mengemudi atau disebut juga dengan SIM tentunya hal tersebut susah untuk dilakukan. Itu berarti di sini Anda telah melanggar aturan lalu lintas yang mewajibkan bagi para pengendara motor untuk memiliki SIM C.

Sementara untuk mempunyai SIM C sendiri Anda perlu menjalani serangkaian tes. Tes simulator SIM C merupakan salah satu langkah yang perlu untuk Anda tempuh supaya nantinya dapat secara resmi memperoleh SIM C.

Tes simulator SIM C itu sendiri tidak terlalu sulit seperti yang di bayangkan sebelumnya. Namun dengan catatan disini Anda tahu bagaimana cara lulus tes SIM C. Dalam artikel ini nantinya akan diulas mengenai apa saja tips – tips yang bisa Anda lakukan agar mudah saat melakukan tes simulator SIM C. Dan untuk beberapa tips tersebut antara lain yaitu :

Bagaimana Cara Lulus Tes SIM C ?

 

  1. Pelajari dengan Seksama Teori Lalu Lintas

Cara pertama yang perlu dilakukan agar lulus tes SIM yaitu Anda perlu mempelajari dengan seksama teori mengenai lalu lintas. Tes simulator SIM C itu terdiri atas dua jenis, antara lain praktek serta teori. Di antara keduanya tersebut ujian teori nantinya akan menjadi ujian pertama yang perlu untuk Anda lewati.

sim c
pikiran-rakyat.com

Agar dapat lolos dalam ujian yang satu ini, maka Anda perlu mempelajari teori-teori mengenai lalu lintas. Teori tersebut mengenai jenis pelanggaran dalam berlalu lintas. Pada umumnya pertanyaan yang muncul dalam ujian teori bersumber dari undang-undang no 22 yang memuat mengenai peraturan lalu lintas.

Setelah Anda mempelajari teori-teori tersebut, berikutnya Anda dapat langsung melakukan latihan untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan teori. Saat ini pihak kepolisian telah menyediakan beberapa contoh soal supaya memudahkan para peserta tes lolos ujian nantinya.

  1. Ketahui Jenis Rintangan Saat Ujian Praktek

Seperti yang telah disebut sebelumnya, tes simulator SIM C ini tidak hanya berupa ujian teori saja, akan tetapi Anda juga akan dihadapkan dalam ujian praktek. Anda nantinya perlu melakukan persiapan seperti pada ujian teori, karena dengan begitu Anda akan memiliki bekal yang cukup untuk lolos.

Salah satu jenis persiapan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengetahui berbagai macam rintangan yang terdapat pada ujian praktek. Ujian praktek sendiri memang tersedia dalam berbagai macam rintangan.

  1. Berlatih Secara Rutin Sebelum Ujian

Agar Anda dapat melewati semua rintangan dalam ujian praktek tersebut, maka perlu untuk berlatih. Oleh karena itulah di sini Anda perlu membiasakan diri dalam berlatih. Dengan berlatih nantinya Anda akan lebih mudah dalam menghadapi rintangan yang perlu diselesaikan dalam ujian praktek.

Sama halnya seperti ketika Anda belajar sepeda motor pertama kali, maka seiring dengan waktu nantinya Anda akan mulai terbiasa. Dengan latihan juga akan membantu Anda untuk lebih memudahkan dalam fokus.

  1. Hilangkan Perasaan Ragu

Selain beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas, langkah terakhir yang bisa dilakukan yaitu Anda harus yakin. Hilangkan semua keraguan karena hal tersebut hanya akan membuka peluang Anda untuk gagal. Maka dari itu, selama Anda memiliki kemampuan dalam mengendarai sepeda motor dengan cara yang baik dan benar, maka ujian praktek SIM C akan bisa dilalui dengan baik pula.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com