Asah Talenta Anak Anda dengan Cara Jitu Ini

Fitri Tamara 0

Asah Talenta Anak Anda dengan Cara Jitu Ini

Anak memang anugerah terindah yang dikirimkan Tuhan kepada para orang tua. Dengan hadirnya anak, hidup kita akan lebih berwarna dan lebih terasa indah. Hanya saja, titipan Tuhan ini harus benar – benar kita jaga dan menjadi bahan pertanggungjawaban kita nantinya.

Mendidik anak juga bukan perkara yang gampang. Mungkin anda juga pernah merasakan hal ini bukan?

Memang, rata – rata sebagian besar orang tua, khususnya mereka yang baru memiliki anak merasa bahwa mengurus dan mendidik anak tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran yang ekstra dan sisi keuletan dalam mendidiknya.

Ya, memang itulah yang dibutuhkan anda sebagai orang tua. Dan lain daripada itu, satu hal lagi yang harus anda lakukan adalah…

Mengasah talenta anak anda. Benar, mengasah talenta menjadi hal yang penting dilakukan orang tua. Dengan senantiasa mengarahkannya kepada talenta maka anak akan dapat berkembang dan tahu dimana sih letak talenta yang dimilikinya.

Namun masalahnya, sampai saat ini masih banyak orang tua yang bertanya – tanya “bagaimana sih cara yang tepat mengasah talenta anak?

Anda salah satu orang tua yang juga ingin tahu seperti apa cara yang tepat mengasah talenta anak?

Jangan dulu beranjak, terus simak informasi di bawah ini!

Cara Jitu Asah Talenta Anak

Ajak Mereka Bercanda

Apa hubungannya mengasah talenta anak dengan mengajaknya bercanda?

Mungkin banyak sekali celoteh – celoteh demikian. Memang sih 2 hal ini tidak berhubungan secara langsung. Akan tetapi kedua hal ini saling berkaitan.

Untuk mengasah talenta anak di usia dininya, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mencari tahu talenta yang dimilikinya lewat candaan – candaan yang kita lontarkan.

Misalnya, ketika anak sedang asyik bermain kita lontarkan candaan – candaan seraya memberinya buku bacaan. “wah, ceritanya ini bagus ya dek. Sini deh adek lihat dan baca buku ini! Seru loh!” candaan – candaan seperti ini sangat berpengaruh kepada si anak. Kita dapat mengajarinya belajar membaca, mengasah talentanya untuk membaca sekaligus memberikan informasi secara tidak langsung bahwa membaca itu sangat penting.

Dengan cara ini, anda tidak perlu repot – repot memberi tahunya untuk membaca, tetapi anda langsung terjun secara efektif mengajak dia untuk membaca.

Sangat mudah bukan cara yang pertama ini?

Kalau begitu, langsung saja lakukan langkah yang kedua…

Responsif dan Kenali Kebutuhan Anak

Menjadi orang tua yang responsif memang tidak mudah mengingat kebutuhan anak sangat beragam dan antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.

Contohnya saja, kebutuhan anak bayi.

Anak bayi kebutuhannya jelas berbeda dengan anak usia dini. Anak bayi kebutuhannya adalah makan, tidur, serta juga mandi. Sementara untuk anak usia dini, orang tua harus pandai – pandai mengenali kebutuhannya.

Bagaimana caranya?

Misalnya saja, ketika anak anda duduk di bangku playgroup, anda dapat berlaku responsif dengan menyediakan berbagai kebutuhan sekolahnya. Misalnya saja, cat warna dan buku gambar. Di sela – sela waktu senggang anda bersama anak, ajak dia menggambar dan mewarnai dengan cat warna dan buku gambar yang telah anda sediakan.

Hal ini tentu saja menunjang rasa kreatif dalam diri anak anda.

Dan belum cukup sampai disini, masih ada cara yang ketiga untuk mengasah talenta dalam diri si anak.

Bagaimana cara ketiga yang harus kita lakukan?

Hindari Rasa Khawatir

Umumnya, pada tahap perkembangannya, anak selalu ingin tahu dengan apa yang ada disekelilingnya. Misalnya saja, ketika ia menemukan gelas, pastinya ia ingin tahu dan bertanya kepada anda “mama, ini apa?”

Eits, biarkan hal ini terjadi. Jangan langsung ambil gelas di tangannya hanya karena dalih”takut ia tersakiti dengan gelas tersebut”. Jangan! Biarkan dia berpikir sejenak, memegang gelasnya baru kemudian bilang kepadanya “ini gelas sayang, fungsinya dibuat untuk minum”.

Nah, dengan demikian anak sekaligus dapat menerima pembelajaran positif dari orang tuanya.

Sangat mudah bukan beberapa cara mengasah talenta anak diatas? Mungkin itu sedikit dari masih banyak cara yang dapat dilakukan bunda dalam mengasah talenta anak. Semoga informasi kali ini yang kami berikan sehubungan dengan Cara Jitu Asah Talenta Anak bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.