6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fitri Tamara 0

6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana saat tekanan darah seseorang mengalami kenaikan dan mencapai batas normal. Tekanan darah tinggi dapat menjadi pemicu dari berbagai macam penyakit kronis, salah satunya adalah stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, Anda harus bisa melakukan pengontrolan tekanan darah dengan baik. Agar dapat terhindar dari resiko penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Ada banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Dengan begitu, resiko penyakit berbahaya seperti yang telah tersebut diatas akan dapat lebih diminimalisasikan resiko terjadinya kepada orang terkasih Anda. Berikut adalah beberapa penjelasan-penjelasan penting mengenai hal tersebut :

Apa Saja Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menurunkan Tekanan Darah?

1. Melakukan Olahraga Secara Teratur dan Bergerak Aktif

Hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah melakukan olahraga secara teratur untuk dapat meningkatkan kesehatan. Olahraga memang menjadi salah satu kunci utama dalam menjalani hidup sehat dan lebih baik lagi.

Selain rajin berolahraga, Anda juga harus tetap bergerak aktif untuk membakar lemak-lemak dan mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Ini juga akan sangat membantu dalam melakukan pengontrolan tekanan darah seseorang.

2. Mengatur Berat Badan dan Lingkar Pinggang Ideal

Selanjutnya adalah mengatur berat badan dan lingkar pinggang ideal. Seseorang tentu sangat ingin memiliki berat badan dan lingkar pinggang ideal. Itu adalah salah satu dari keinginan semua orang.

Nah, itu semua juga sangat mempengaruhi tekanan darah Anda. Seseorang yang memiliki berat badan kecil dan pinggang yang ideal, umumnya juga memiliki tekanan darah normal. Meski ada juga beberapa yang tak seperti itu.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Kunci dari hidup sehat adalah menerapkan pola makan sehat sebaik mungkin. Hindari makanan-makanan cepat saji, karena ini banyak mengandung natrium yang bisa menjadi pemicu dari tingginya tekanan darah seseorang. Untuk itu, sangat penting mengurangi dan bahkan menghilangkan penggunaan natrium pada makanan Anda.

4. Tidak Merokok

Rokok menjadi faktor dari segala macam penyakit yang ada. Dalam rokok terdapat banyak kandungan-kandungan berbahaya yang bisa merusak tubuh manusia.

Untuk itu, jika Anda menginginkan kualitas hidup yang sehat dan bersih, maka hindari kegiatan merokok. Agar Anda bisa senantiasa sehat dan tetap dalam keadaan baik.

halodoc.com

5. Mengurangi Stress

Salah satu pemicu dari tingginya tekanan darah seseorang adalah karena stress. Hal tersebut karena otak terlalu berpikir keras, sehingga membuat otak dan jantung bekerja lebih ekstra untuk memompa darah Anda hingga sampai ke otak. Akibatnya tekanan darah menjadi bertambah drastis agar bisa sampai ke otak.

6. Melakukan Pemantauan terhadap Tekanan Darah

Hal terakhir yang patut Anda lakukan adalah memantau secara berkala tekanan darah Anda. Pastikan bahwa tekanannya normal dan sesuai dengan standar biasanya. Sedangkan untuk menghindari terjadinya peningkatan, maka lakukan konsumsi obat penurun tekanan darah secara teratur.

Dengan begitu, tekanan darahnya akan lebih mudah untuk dikontrol dengan baik. Itulah singkat penjelasan mengenai tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik dan benar. Seseorang yang mengalami hipertensi tidak boleh memiliki beban pikiran apapun.

Karena tekanan darahnya sangat sensitive dan mudah sekali mengalami kenaikan drastis dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pengontrolan secara rutin. Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, semoga berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com