4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghilangkan Kantuk

Fitri Tamara 0

4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menghilangkan Kantuk – Kantuk adalah suatu kondisi yang susah dihilangkan seketika, mangantuk amat mengganggu konsentrasi di pagi hari. Mengantuk juga sangat mengganggu kegiatan yang tengah dilakukan. Kantuk adalah salah satu hal yang sulit dilawan oleh sebagian orang, namun tentu tidak akan rugi jika Anda ingin mencoba beberapa cara yang akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Sementara istirahat yang cukup adalah hal yang sangat diperlukan oleh manusia, namun tak jarang ada yang menderita sebuah syndrome yang mengharuskan manusia tersebut terjaga sepanjang malam, ialah insomnia. Agar tidak ada lagi rasa kantuk yang menyerang, Anda wajib mencoba cara-cara di bawah ini, di antaranya sebagai berikut:

Bagaimana Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menghilangkan Kantuk?

1. Mencukupi Kebutuhan Tidur atau Beristirahat yang Cukup
Rentang istirahat yang dibutuhkan manusia berbeda-beda, sesuai dengan usia dan kondisi kesehatannya. Pada umumnya manusia membutuhkan enam hingga delapan jam setiap malam untuk beristirahat. Lain halnya jika manusia tersebut memiliki riwayat kesehatan, tentunya enam hingga delapan jam tidak akan cukup.

Membiasakan untuk mencukupi kebutuhan tidur adalah sebuah cara menghilangkan kantuk yang wajib dilakukan. Apabila kualitas tidur Anda baik, badan akan sehat dan kantuk pun akan hilang. Terlalu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat tubuh menjadi lelah karena terkurasnya kalori.

Jika dalam hal tersebut dipaksakan akan terjadi penurunan kualitas kerja. Maka Anda perlu beristirahat sejenak setelah beraktivitas atau berkonsentrasi penuh. Hal ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kantuk, karena sering beristirahat juga dapat menjaga konsentrasi tetap terjaga.

theguardian.com

2. Mengkonsumsi Cafein
Tidak sedikit orang yang menggunakan cafein untuk menghilangkan kantuk, hal ini biasa dilakukan oleh banyak orang. Ini disebabkan oleh fungsi utama dari cafein itu sendiri, yaitu stimulan alami yang akan mengembalikan konsentrasi Anda akibat kantuk yang menyerang.

Banyak sekali sumber makanan dan minuman yang memiliki kandungan cafein, dimulai dari kopi, coklat, soda hingga teh. Di samping itu semua, memperhatikan porsi cafein yang diminum atau dikonsumsi adalah hal yang perlu dilakukan. Karena mengkonsumsi dalam jumlah banyak dapat mempercepat detak jantung dan menyebabkan sakit kepala.

3. Berjemur di Pagi Hari dan Bergerak Sejenak Saat Kantuk Menyerang
Vitamin D dalam tubuh akan terproduksi dengan baik apabila terkena paparan sinar matahari. Hal ini sangat berpengaruh terhadap siklus bangun dan tidur. Sementara kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kantuk di siang hari.

Demikian juga dengan bergerak sejenak ketika kantuk menyerang, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan semangat yang berkurang agar kembali prima.

4. Konsumsi Camilan Sehat dan Mengambil Napas dalam-dalam
Gejala lemas, lelah, mengantuk, nyeri kepala akan dirasakan ketika kekurangan kadar gula atau kadar gula menurun. Rasa kantuk yang menyerang bersumber dari menurunnya kadar glukosa dalam darah.

Sedangkan cara untuk mengatasinya, Anda dapat menambahnya dengan beristirahat sejenak dan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, dan Snack bar. Kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh adalah hal yang dapat ditingkatkan dengan cara mengambil napas dalam.

Cara ini merupakan salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantuk yang tengah menyerang. Saat itu terjadi, sirkulasi tubuh dan energi akan meningkat, mengambil sepuluh napas dalam berturut-turut juga dapat menurunkan rasa stress dan kecemasan.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com