3 Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil

Fitri Tamara 0

3 Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil – Siapakah yang tidak mengenal dengan buah yang satu ini. Ya, buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Tapi tak semua orang mengetahui manfaat yang terkandung dalam buah kurma bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil, dimana buah kurma yang sangat populer ini sangat berkhasiat sekali, termasuk bagi ibu hamil.

Buah kurma sangat erat kaitannya dengan bulan Ramadhan. Akan tetapi anda tidak harus menunggu bulan Ramadhan untuk mengkonsumsi kurma ini. Karena, buah kurma ini bisa di makan langsung dalam bentuk buah atau anda juga bisa menjadikannya susu kurma.

Tujuannya agar bisa mendapatkan manfaat lebih dan sambil mencoba cara baru dalam menikmati buah ini.
Selain itu, buah ini juga bisa dikonsumsi saat masih segar ataupun yang sudah dikeringkan. Sedangkan untuk mengetahui segar atau tidaknya yaitu dengan melihat dari kulit nya. Jika tekstur kulitnya halus berarti buah tersebut masih segar, tapi jika kulit sudah berkerut atau keriput bisa diartikan bahwa kurma itu sudah kering. Tapi dua – duanya tetap baik dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa dalam 100 gram kurma anda memiliki banyak manfaat nutrisi, yaitu magnesium 54 gram, Kalium 696 mg, Vitamin K 2,7 mcg, lemak 0,2 gram, folat 15 mcg, zat besi 0,9, protein 1,8 gram, serat 6,7 gram, dan kalori 227 kkal

detik.com

Lantas Apa Saja Manfaat Susu Kurma Untuk Ibu Hamil ?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang terkandung dalam susu kurma bagi ibu Hamil yang bisa Anda nikmati :

1. Booster ASI
Selain kenyal dan enak, buah kurma yang diolah jadi susu bisa membawa manfaat yaitu sebagai booster ASI. Pada suatu penelitian menjelaskan bahwa buah kurma yang ditambah sebagai suplemen untuk diet bagu ibu menyusui bisa meningkatkan kesehatan ibu secara menyeluruh, mengurangi stres, dan meningkatkan produksi ASI.

Kandungan tryptophan pada kurma dipercaya bisa menghasilkan serotin yaitu hormon kebahagiaan. Kondisi seperti itu bisa membuat sang ibu jauh dari stress dan membuatnya lebih tenang.

Selain itu pula, serotin bisa mencegah agar kadar prolaktin tidak menurun, karena ini dibutuhkan untuk produksi susu ibu. Kondisi ibu yang mempunyai kadar prolaktin tinggi serta kondisi ibu yang jauh dari stress bisa memproduksi ASI secara meningkat maka volume ASI juga semakin banyak.

2. Bagi anda yang sedang hamil dan mengharapkan proses bersalin dengsn cara normal, maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsinya susu kurma. Dari beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kurma bisa mengurangi kebutuhan induksi ketika persalinan.

Pada sebuah studi, 69 wanita hamil mengkonsumsi 6 buah kurma setiap hari selama 4 minggu, mempunyai peluang 20 % lebih besar untuk melahirkan secara normal daripada wanita hamil yang tidak mengkonsumsi buah kurma.

Studi itu pun menyebabkan bahwasanya orang yang makan kurma ketika hamil bisa membantu melunakkan serviks hingga bisa membantu mempercepat pembukaan.

3. Bantu Pertumbuhan Tulang Janin
Sumber vitamin K yang terkandung di dalam buah kurma juga dapat bermanfaat bagi tumbuhnya tulang dalam janin. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin K ini juga dapat menjaga fungsi saraf dan kekuatan otot pada ibu hamil.

Kekurangan vitamin K bisa mengakibatkan bayi mengalami perdarahan. Bagi ibu hamil dan menyusui, Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin K dalam keseharian anda dengan memakan buah kurma.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com