TIPS TRIK KERJA SAMBIL KULIAH!!

Jangan sampai melupakan kewajiban dan tugas-tugasmu sebagaipelajar, begitu pula dengan tanggung jawabmu sebagai seorangkaryawan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau kerja sambil kuliahsudah tahu apa saja?

Fokus pada tujuan akhir

Memulai pertama kali kerja sambil kuliah bisa jadimenyenangkan dan mendebarkan, karena kamu mengambil satulagi tanggung jawab. Tapi lambat laun, kedua tanggung jawabyang berjalan bersama ini bisa jadi membuatmustres. Deadline pekerjaan dan deadline tugas kuliah yang bersamaan bisa jadi membuat kamu ingin mundur ya. Apalagi, melihat teman-temanmu yang hanya melakukan satu tanggungjawab, tidak kerja sambil kuliah. Meskipun begitu, yuk ingatkembali alasanmu pertama kali ingin mengambil keduatanggung jawab ini.

Lakukan perencanaan

Menjalani dua tanggung jawab besar kerja sambil kuliah tanpaperencanaan bisa jadi celaka buatmu sendiri, lho. Coba mulaibuat perencanaan, dan break down tugas-tugas yang harus kamukerjakan pada saat kerja sambil kuliah. Misalnya, langkah apasaja yang harus kamu ambil untuk mengerjakan tugas A, atausiapa saja yang harus kamu hubungi dan kamu bagi-bagikantugasnya. Dengan perencanaan, tugas dan tanggung jawabmupastinya akan lebih tertata.

Manfaatkan waktu perjalanan kerja sambil kuliah

Lokasi rumah, kantor, dan kampusmu bisa jadi berjauhan, danmemakan waktu cukup banyak untuk tiba di tujuan. Nah, waktudalam perjalanan itu bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakanbanyak hal, lho. Misalnya saja belajar untuk ujian kampus, ataumengerjakan tugas tertentu. Kalau kamu membawa kendaraansendiri, bisa juga membuat bahan pembelajaranmu dalam bentukaudio, jadi sambil menyetir kamu bisa mendengarkannya.Daripada kamu melamun sepanjang perjalanan kerja sambilkuliah, lebih baik memanfaatkannya kan?

Lakukanpengorbanan

Dalam hidup selalu ada pilihan, mana yang menjadi prioritasmudan harus kamu kerjakan. Saat kamu memilih kerja sambilkuliah, tentunya ada hal-hal lain yang harus dikorbankan nih. Misalnya saja waktumu untuk bersantai terlalu banyak, menonton TV, bermain media sosial, juga bermain bersamateman-teman. Semua aktivitas tersebut sebenarnya boleh sajakamu lakukan di waktu senggang, hanya durasinya harus kamukurangkan.

Multitasking

Coba latih juga kemampuanmu untuk melakukan multitasking, mengerjakan lebih dari satu hal dalam satu waktu. Bukan berartikamu mengerjakan dua tugas kerja sambil kuliah bersamaan, tapi terapkan itu untuk aktivitas di mana kamu tidak perluberpikir banyak. Misalnya selagi siap-siap, makan, ataubersantai, kamu bisa sambil mengerjakan pekerjaan atau belajarsambil menghapalkan materi. Jadi setiap waktu yang adasebenarnya bisa kamu manfaatkan, dan kerja sambil kuliah pun bukan hal yang mustahil. Jadi kalau kamu memang tidak punyasatu waktu panjang khusus untuk mengerjakan tugas tertentu, kamu bisa melakukannya sembari aktivitas yang lain dengancara multitasking.

Maksimalkan waktu liburan

Waktu liburan memang enaknya untuk bersantai, tapi coba tundasejenak pemikiran itu, terutama buat kamu yang kerja sambilkuliah. Saat liburan aktivitas yang satu, berarti kamu bisa fokusmengerjakan aktivitasmu yang satunya. Misalnya sajapekerjaanmu adalah sebagai dosen, berarti saat libur semester, kamu bisa memanfaatkannya untuk fokus pada kuliahmu, mengambil SKS tambahan jika memungkinkan. Begitu pun sebaliknya, saat libur kuliah, berarti kamu yang bekerja di perusahaan tertentu bisa fokus bekerja dan menyelesaikansemua tanggung jawabmu. Selama kamu bisa memanfaatkandan memaksimalkan setiap waktu yang ada, kerja sambil kuliahpasti bisa selesai dengan baik. (fen)

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.