Tips Foto Zoom Blur yang Bisa Dicoba

Tips Foto Zoom Blur yang Bisa Dicoba

Tak hanya teknik foto light painting, siluet atau backlight saja yang sekarang ini banyak dipelajari orang. Salah satu teknik unik dalam foto yang sekarang ini banyak orang tertarik dalam mempelajarinya yaitu teknik foto dengan zoom burst atau foto zoom blur.

Teknik foto yang satu ini merupakan sebuah teknik foto yang menghasilkan efek kabur simple pada hasil foto nantinya. Cukup memutar ring zoom yang ada pada lensa sembari Anda lihat exposure maka nantinya Anda akan mendapatkan foto yang keren ini. Pada foto zoom blur yang unik adalah munculnya garis – garis blur yang akan membuat subjek Anda terasa bergerak dan ketika dipakai dalam situasi yang tepat tentunya akan membuat subjek jadi terasa sangat istimewa. Mungkin Anda tertarik untuk mencoba teknik foto yang satu ini?

Tips Foto Zoom Blur yang Bisa Dicoba

Exposure

Agar Anda nantinya bisa mendapatkan efek gerakan, Anda perlu potret dengan bantuan shutter speed yang lebih rendah dibandingkan yang biasanya. Dengan Anda hanya andalkan tangan nantinya rentang shutter berada diantara ¼ sampai dengan 1/10 detik dan ini cukup. Anda juga bisa coba shutter yang lebih lambat asalkan Anda punya tripod untuk mendukung supaya nantinya tidak goyah.

Fokus

Ketika Anda baru akan mencoba, upayakan Anda tetapkan sebuah objek sebagai sebuah titik fokus yang berada di tengah frame sebagai latihan. Anda juga dapat coba gunakan manual fokus atau dengan back button focusing.

Zooming

Perhatikan settingan lensanya. Anda bisa coba set lensa pada posisi zoom terpanjang dan juga tempatkan subjek utama pada tengah frame Anda. Sembari tangan kanan pencet shutter, Anda bisa putar ring zoom sehingga nantinya focal length lensa akan lebih pendek. Sebagai langkah percobaan pertama Anda bisa coba gerakkan ring zoom secara lembut. Anda tak harus putar ring sampai habis. Kemudian percobaan selanjutnya Anda bisa gerakkan dengan cepat namun stabil.

Perhatikan peralatan ekstra

Untuk dapat menstabilkan hasil foto Anda dan membuatnya lebih tajam sehingga nantinya garis blur tetap berbentuk lurus, Anda bisa gunakan tripod. Dengan bantuan tripod ini nantinya Anda bisa coba terapkan teknik zoom burst pada malam hari.

Demikian sedikit informasi inspiratif yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas tentang Tips Foto Zoom Blur yang Bisa Dicoba bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.