Sulit Tidur Saat Bulan Ramadhan, Ini Dia Tipsnya!

Fitri Tamara 0

Sulit Tidur Saat Bulan Ramadhan? Ini Dia Tipsnya!

Bulan ramadhan telah tiba, Ladies! Ya, Anda tentu sangat senang menyambut bulan yang penuh berkah ini, bukan? Bukan hanya Anda, semua umat muslim pun sama. Semua berlomba-lomba mencari berkah, pahala dan kebaikan dibulan yang suci ini. Memang kita semua tahu, bahwa bulan ramadhan adalah bulan istimewa yang diberikan oleh umat muslim agar dapat meningkatkan ibadah dan tawakalnya. Bagaimana? Apakah Anda termaksud orang yang seperti itu?

Tentunya Anda sangat antusias untuk menata hati dan mulai memperbanyak amalan, bukan? Namun, karena terlalu antusias, Anda sampai lupa dengan waktu. Dan pada akhirnya, lelah pun muai melanda. Pasti jika sudah lelah, Anda akan memilih tidur seharian.

Tahukah Anda? Bahwa tidur di bulan ramadhan adalah ibadah loh. Namun, bukan berarti sebulan penuh yang Anda lakukan hanya tidur. Semua ada takarannya, Ladies! Untuk itu, Anda harus pandai-pandai mengaturnya secara efisien. Managing time? How to? Sedangkan Anda sangat sulit untuk tidur. Tak perlu risau! Berikut tipsnya!

Tips Membuat Tidur Lebih Efesien Pada Bulan Ramadhan

Jangan Meminum Kopi Saat Berbuka Puasa

Jika Anda pecinta kopi, ada baiknya bila hentikan kebiasaan meminum kopi saat berbuka maupun sahur. Sebab, mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein akan membuat mata sulit untuk terpejam. Kok bisa? Jawabannya karena kafein yang terkandung dalam kopi akan menghambat kinerja adenosin. Apa itu adenosin? Adenosin adalah bahan kimia otak yang akan membantu seseorang agar mudah merasa mengantuk dan akhirnya tertidur.

Rapikan Tempat Tidur Sebelum Beristirahat

Mungkin ini hal sepele, tetapi kadang banyak orang yang memilih langsung pergi tanpa harus merapikan tempat tidur terlebih dahulu. Untuk seorang wanita hal ini justru suatu keharaman. Mengapa? Karena seorang wanita harus bisa menjaga kebersiahan diri dan lingkungan. Jangan sampai Anda di sebut “jorok” oleh keluarga bahkan teman Anda. Eits, don’t let it happen ya, Ladies!

Merapikan tempat tidur adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan ketika Anda bangun tidur. Sebab, jika Anda pulang bekerja atau sekolah, Anda pasti ingin langsung beristirahat sejenak. Anda tentu tak mau, ketika ingin berbaring namun tempat tidur dalam keadaan beranttakan, bukan? Pasti akan menambah pekerjaan Anda saja.

Buat Tubuh Merasa Nyaman

Hayo siapa yang suka terbangun ketika tengah malam? Anda pasti mengalaminya, bukan? Kebanyakan orang yang tiba-tiba terbangun ketika sedang tidur, dikarenakan suhu udara yang tidak stabil. Maksudnya? Udara yang terlalu panas atau pun dingin dapat memiju terbangunnya Anda saat tengah malam. Untuk itu, buatlah tubuhmu merasa nyaman saat ingin tidur. Jika suhu dikamar Anda terasa dingin, sebaiknya gunakan selimut tebal untuk mengatasinya. Sebaliknya, jika kamar Anda bersuhu panas atau gerah, ada baiknya jika siklus udara di ruangan tersebut berjalan dengan lancar. Anda bisa mengatasinya dengan memakai AC atau kipas angin.

Matikan Lampu Dan Pasang Alarm

Apakah Anda tipikal orang yang susah tidur saat ruangan begitu terang? Mulai sekarang biasakan untuk mematikan lampu sebelum tidur. Karena jika Anda sudah terlalu capek dan lupa mematikan lampu, pada tengah malam Anda cenderum akan terbangun dan susah untuk tidur kembali.

Selain itu, untuk berjaga-jaga agar sahur Anda tidak kesiangan bahkan hilang dimakan fajar, pasanglah alarm. Jangan memasang waktu yang berdekatan dengan imsak. Pasanglah sekitar 1 jam sebelum imsak. Atau jika Anda ingin masak terlebih dahulu, Anda bisa memasangnya 2 jam seblum imsak.

Bagaimana? Ingin mencobanya, Ladies? Anda tak perlu risau lagi karena kesulitan untuk tidur dan takut tidak terbangun ketika sahur. Anda bisa melakukan tips ini untuk solusinya.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.