Punya Lahan Sempit Manfaatkan Bercocok Tanam dengan Metode Ini

Fitri Tamara 0

Punya Lahan Sempit? Manfaatkan Bercocok Tanam dengan Metode Ini

Memiliki lahan hijau di rumah Anda, pastinya akan menjadikan rumah menjadi lebih sejuk dan yang pasti Anda pun akan merasa lebih nyaman ketika berada di dalam rumah, bukan?

Selain bisa menjadikan rumah Anda terlihat lebih asri dan juga hijau, kegiatan berkebun pun di rumah ini juga dapat menghindari Anda dari stres loh.

Tetapi keterbatasan ruang serta lahan seringkali menjadi salah satu pengalang bagi masyarakat di perkotaan, seperti Anda untuk bisa melakukan kegiatan bercocok tanam di rumah sendiri. Namun Anda tak perlu khawatir lagi, sebab, sekarang ini sudah abnyak d ciptakan sebuah metode bercocok tanam menarik, yang telah memanfaatkan media tanam yang tidak memakan lahan yang terlalu luas, seperti yang bakal kami jelaskan di bawah ini.

Bercocok tanam dengan metode vertikultur di lahan sempit

Vertikultur adalah salah satu metode bercocok tanam yang paling tepat buat Anda yang memang memiliki pekarangan atau lahan yang sempit dan sangat terbatas. Sesuai dengan namanya, yang berasal dari kata dasar Vertikal, budidaya tanaman menggunakan metode ini telah memanfaatkan bidang vertikal, sebagai tempat untuk bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat.

Metode bercocok tanam ini juga sangat cocok sekali untuk bisa diterapkan dalam membudidayakan tanaman yang memang hanya berumur singkat, seperti sayuran. Yang mana berbagai amcam sayuran seperti kangkung, sawi, seledri, kalian, hingga tomat dapat dikembangkan dengan metode ini.

Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kebutuhan dapur, seperti sayuran, tanaman vertikultur ini juga bisa menghijaukan serta menamab keindahan pekarangan rumah Anda yang sempit tersebut.

Metode vertikultur sendiri mempunyai banyak sekali modelnya, mulai dari vertikultur gantung, tegak, tempel, hingga rak. Untuk bisa mendapatkan bahan yang diperlukannya pun juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, sebab Anda bisa menggunakan bahan bekas seperti pipa paralon yang memang sudah tidak terpakai.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami rangkumkan untuk Anda tentang bercocok tanam di lahan yang sempit semoga bisa menginspirasi.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.