Jangan Takut Lemas Karena Berpuasa! Berikut Tips Menjaga Kebugaran Untuk Wanita Saat Bulan Ramadhan

Fitri Tamara 0

Jangan Takut Lemas Karena Berpuasa! Berikut Tips Menjaga Kebugaran Untuk Wanita Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan? Coming soon! Alhamdulilah bulan ramadhan hanya tinggal menghitung minggu saja. Ya, semua umat muslim tentunya akan sangat senang menyambut bulan yang penuh kemuliaan ini.

Ayo coba tebak, apa yang identik dengan bulan ramadhan atau bulan puasa? Exactly, yang identik dengan bulan ramadhan adalah tidak makan dan minum dari terbitnya fajar hingga ba’da maghrib. Kalau secara logika pasti aktivitas Anda akan ditemani rasa lemas dan tidak bersemangat. Terutama untuk para kaum hawa yang jadwalnya jauh lebih padat. Eits, buang semua prasangka buruk itu Ladies!

Faktanya banyak kok para wanita yang menjalankan ibadah puasa namun tetap semangat beraktivitas. Kira-kira apa rahasianya, ya?

Bulan ramadhan adalah bulan yang banyak memiliki makna dan pahala disetiap sudutnya. Untuk itu, rugi sekali umat muslim jika tidak melaksanakannya. Tak hanya itu, ternyata berpuasa dibulan ramadhan juga memiliki banyak manfaat loh.

Terutama untuk sistem pencernaan Anda. Para dokter juga telah mengakui hal itu. So, masih kekeh dan takut untuk berpuasa? Dispose of anxiety that, dan mulailah berpuasa dengan beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh Anda berikut ini! Is that? Untuk itu Ladies, simak rangkuman berikut!

Tips Menjaga Kebugaran Ketika Berpuasa

Saat Sahur

Sahur adalah salah satu syarat untuk melakukan ibadah puasa. Namun jika Anda enggan bangun dipagi hari dan tidak ingin sahur, Anda juga bisa tetap berpuasa. Tetapi alangkah baiknya jika Anda sahur terlebih dahulu agar selama berpuasa Anda tidak merasakan lemas yang berlebihan karena lapar. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika sahur. Diantaranya adalah :

  1. Saat sahur, hindari mengonsumsi makanan atau minum yang manis-manis. Karena kandungan glukosa yang berlebihan akan membuat tubuh Anda lemas pada siang harinya. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi glukosa juga tidak baik untuk kesehatan, bukan?
  2. Untuk menghindari rasa lemas, ada baiknya jika Anda meminum susu. Susu juga akan mencegah timbulnya anemia, sehingga baik untuk kesehatan.
  3. Menu yang disantap ketika sahur, sebaiknya yang mengandung banyak mineral. Contohnya seperti buah-buahan. Karena makanan yang mengandung banyak mineral akan mencegah dehidrasi pada siang hari. Jika Anda enggan mengonsumsi buah-buahan, Anda bisa menyiasatinya dengan meminum jus buah.
  4. Hindari menu fast-Food, makanan pedas atau gorengan. Karena semua makanan tersebut akan mengganggu sistem pencernaan Anda pada siang hari. Tentunya Anda tak ingin pekerjaan Anda terganggu gara-gara masalah seperti itu kan, Ladies?

Saat Berpuasa

Saat berpuasa para wanita juga akan melakukan aktivitas atau pekerjaan seperti biasanya. Seperti merapikan rumah, memasak, dan aktivitas lainnya. Namun, berikut ada beberapa tips untuk membantu membuat Anda semangat saat berpuasa :

  1. Lakukan semua pekerjaan seperti biasa. Kerjakan perlahan-lahan namun pasti. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk dan membuat stres Anda keesokkan harinya. Karena hal itu akan membuat perut Anda menjadi mudah lapar.
  2. Beristirahatlah sejenak jika Anda sudah merasa lelah. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan, karena dikhawatirkan ion dalam tubuh akan terus berkurang dan Anda akan merasa haus.
  3. Sesekali selipkan sedikit waktu untuk berolahraga! Tak perlu yang berat-berat! Cukup olahraga yang ringan saja, seperti berjalan kaki, bersepeda santai, atau senam. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap bugar seharian.

Saat Berbuka

Saat berbuka puasa adalah hal yang paling ditunggu-tunggu setelah lelah menjalankan semua aktivitas seharian. Tetapi, kadang Anda akan lupa etika dan porsi makan ketika berbuka puasa. Untuk itu, berikut tipsnya :

  1. Segeralah berbuka setelah adzan maghrib berkumandang. Jangan lupa membaca doa sebelum mulai berbuka. Ada baiknya jika Anda menyantap makan ringan yang sedikit manis seperti kurma sebelum mulai memakan makanan berat. Hal ini bertujuan agar lambung Anda tidak akan kaget menerima asupan makanan setelah kosong seharian.
  2. Alangkah baiknya jika Anda menunaikan ibadah sholat maghrib terlebih dahulu sebelum mulai berbuka. Karena dikhawatirkan Anda akan malas beribadah setelah kenyang menyantap menu berbuka.

Nah, bagaimana? Still afraid of fasting? Hilangkan semua pikiran tersebut dan mulailah berpuasa dengan tips tersebut agar tubuh Anda tetap bugar. Semoga bermanfaat!

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.