Jangan Sampai Masa Haid Mengganggu Waktu Puasa Anda! Lakukan Hal Ini Agar Nyerinya Hilang

Jangan Sampai Masa Haid Mengganggu Waktu Puasa Anda! Lakukan Hal Ini Agar Nyerinya Hilang

Haid atau menstruasi adalah proses peleburan darah dalam rahim yang terjadi sekitar 30 hari sekali. Namun, peleburan tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Faktanya 90 dari 100 wanita merasa nyeri saat menstruasi berlangsung. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas dan semangat Anda. Apa lagi saat berpuasa, pasti sangat menyiksa.

Para wanita banyak yang mencari-cari cara agar nyeri yang ditimbulkan menstruasi ini dapat redah dengan cepat. Salah satunya dengan cara meminum jamu atau obat nyeri saat haid. Namun, meski telah meminum obat atau jamu, rasa nyerinya tetap tidak hilang. Perlu Anda ketahui, sebenarnya meminum obat penghilang nyeri saat haid iu tidak terlalu baik untuk kesehatan rahim. Lebih baik Anda meminum jamu saja sebagai alternatifnya. Jika Anda tidak suka jamu, Anda bisa mengobatinya dengan cara lain. Cara lain? Cara yang seperti apa? Ingin tahu? Yuk kita simak tips menghilangkan rasa nyeri karena haid ketika berpuasa. Check this out!

Tips Meredakan Rasa Nyeri Karena Haid Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

  • Saat nyeri mulai melanda, kompres perut bagian bawah menggunakan air hangat. Dengan cara yang seperti ini, otot yang tegang akan segera turun serta pembuluh darah Anda akan menjadi longgar dan lancar. Sehingga nyeri karena haid akan segera redah.
  • Lakukanlah olahraga atau senam perut agar rasa nyeri sedikit redah. Jika bisa, lakukan pula olahraga secara rutin walau tidak haid. Karena hal itu akan mencegah timbulnya rasa nyeri.
  • Jika perlu, pijat dengan lembut dengan gerakan memutar pada perut bagian bawah. Hal ini juga dapat melonggarkan pembuluh darah.
  • Perbanyak makan buah saat sahur dan berbuka puasa. Usahakan buah yang dimakan mengandung banyak mineral, ya!
  • Saat mandi, ada baiknya jika Anda mandi menggunakan air hangat. Karena air hangat tersebut akan memberi kesan rileks sehingga otot tidak tegang.
  • Istirahatlah dengan cukup! Jika nyeri sudah terasa, lebih baik Anda menahannya dengan tidur.
  • Saat sahur maupun berbuka, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan lemak jenuh seperti teh, kopi, soda dan cokelat.
  • Jangan meminum minuman yang dingin! Gantilah menggunakan air hangat!
  • Lakukan aktivitas yang menurut Anda nyaman. Hal ini akan mengalihkan rasa nyeri tersebut.

Bagaimana? Mudah, bukan? Anda bisa melakukan treatment ini sendiri dirumah. Dengan begini Anda tak perlu membatalkan puasa dan ibadah puasa Anda tidak akan terganggu. Intinya,walaupun rasa nyerinya sangat menyiksa, Anda harus mengatasinya dengan sabar, ya! Jika Anda semakin emosi, rasa nyerinya pun semakin menjadi-jadi. So, slow saja ya, Ladies!

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *