Cara Mudah Membuat Aquaponic Tanaman Sederhana. Aquaponic Rakit Apung

Cara Mudah Membuat Aquaponic Tanaman Sederhna : Aquaponic Rakit Apung

Tahukah Anda apa sih aquaponic tersebut? Aquaponic merupakan gabungan dari hidroponik dan juga akuakultur dalam satu kesatuan sistem yang nantinya akan saling menguntungkan. Lantas, bagaimana cara kerja aquaponic itu sendiri? Ekskresi atau pun kotoran ikan akan diberikan pada tanaman supaya dapat dipecah jadi nitrat dan juga nitrit dengan melalui proses alami dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai salah satu sumber nutrisi. Air kemudian akan disirkulasikan kembali pada sistem akuakultur. Namun, untuk lebih jelasnya silakan Anda simak ulasan berikut ini.

Cara kerja dan cara membuat aquaponic tanaman dengan rakit apung

Perlu Anda tahu bahwa ada banyak sekali model aquaponic yang bisa diterapkan sekarang ini, akan tetapi pada kesempatan kali ini kami akan berbagi untuk sistem yang sangat sederhana, tujuannya agar kita bisa lebih mudah dalam memahami. Untuk sistem yang akan kami bagikan adalah aquaponic sistem rakin apun atau deep water culture. Aquaponic dengan sistem rakin apung ini merupakan gabungan antara teknik rakin apung hidroponik yang nantinya akan dikombinasikan dengan kolam atau pun bak ikan. Untuk membuat aquaponic tanaman dengan sistem rakit apung sederhana ini adalah dengan mempersiapkan komponen utama diantaranya :

Kolam atau bak ikan

Kolam ini dapat menggunakan kolam fiber, kolam beton, atau pun bak plastik. Untuk ikannya Anda bisa memilih ikan nila.

Pompa air

Dikarenakan Anda akan membuat aquaponic sederhana, maka Anda hanya perlu pompa aquarium kecil.

Wadah atau grow bed

Wadah yang dapat Anda gunakan yang biasa dipakai untuk hidroponik pada umumnya

Pipa

Sesederhananya aquaponic tentunya tidak akan pernah bisa lepas dari pemipaan, sebab pada aquaponic pemipaan dipakai untuk mengatur aliran air atau pembuatan sistem siphon maupun pasang surut grow bed.

Cara pembuatan aquaponic tanaman sistem rakit apung (DWC)

  • Pertama silakan Anda lubangi wadah dibagian bawah yang nantinya akan dipasangkan verlop ring serta bagian samping untuk penempatan kran.
  • Pasangkan verlop ring dilubang bawah wadahnya.
  • Pasang juga verlop sock didrat verlop ring, ini bertujuan untuk mengatur tingginya air pada grow bed dan sebagai pembuangan jika debit airnya masuk terlalu banyak.
  • Pasangkan verlop sock pada lubang samping dan pasangkan kran diverlop tersebut.
  • Siapkan tanamannya dan letakkan di grow bed.

Demikianlah cara mudah membuat aquaponic tanaman sederhana yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com