Cara Membuat Ayam Geprek Yang Enak Banget

Fitri Tamara 0

Hallo semua, sudah pada makan belum? jika belum, yuk mari bikin makanan yang enak biar perut kenyang dan hati bahagia. Makanan satu ini, asli enak banget apalagi kalau bukan ayam geprek.

Ayam geprek sudah menjadi makanan yang paling favorit buat semua orang. Tidak peduli siapa itu orangnya, semua cinta ayam geprek. Karena ayam geprek memiliki bumbu yang paling enak, yaitu sambalnya. Sambalnya itu tidak bisa dibohongi, jadi sambal yang bukan dari ayam geprek dengan sambel yang ada di ayam geprek tentu berbeda sekali.

Karena sambal dari ayam geprek itu merupakan perpaduan dari cabe rawit,cabe merah,bawang putih,minyak sayur dan beberapa garam kemudian gula serta penyedap. Nah oke langsung saja kita bagikan resep membuat ayam geprek yang enak.

Bahan:

– 1 kg ayam, potong-potong
– 1 butir Telur utuh
– 500 gram terigu cakra (adonan kering)
– 250 gram terigu segitiga (adonan basah/pencelup)
– 5 sdm maizena
– 6 siung bawang putih cincang halus
– secukupnya jeruk nipis
– 1 sdt baking powder
– 1/4 sdt lada bubuk
– 1/2 sdt penyedap jamur
– 1 sdt garam
– 1 sdm saos tiram
– 1/2 sdt gula (optional)
– secukupnya air es

Bahan sambal:

– 20 butir cabe rawit
– 10 butir cabe merah
– 2 siung bawang putih
– secukupnya minyak sayur
– secukupnya garam, gula, penyedap

Cara memasak:

– Beri potongan ayam dengan jeruk nipis dan garam.

– Kemudian lumuri ayam dengan setengah bagian bawang putih yang sudah dicincang halus tadi, tambahkan lada bubuk sedikit, saos tiram, garam, gula dan penyedap jamur. Lalu simpan semalam di kulkas supaya bumbu meresap dan membuat ayam menjadi empuk.

– Bahan pencelup: terigu telur dan air es kocok sampai adonan kental jangan encer, beri sdikit garam lalu aduk sampai rata.

– Bahan kering: terigu cakra, maizena, bawang putih cincang, lada bubuk, baking piwder, garam dan penyedap jamur diaduk sampai rata.

-Siapkan ayam yang sudah dibumbui dan disimpan dalam kulkas lalu celup ke dalam adonan kering sampai rata seluruh permukaan ayam tertutup bahan kering.

-Setelah rata semua celupkan ke dalam adonan basah sampai rata, lalu celupkan lagi ke dalam adonan kering, lalu goreng di minyak panas hingga ayam terendam.

– Goreng dengan api kecil selama 15 menit sampai berwarna golden brown dan bunyi berisiknya hilang. Angkat dan sisihkan

– Untuk membuat sambal korek, haluskan semua bahan sambal jangan terlalu halus, sisihkan.

– Panaskan minyak bekas menggoreng ayam sampai benar-benar panas

– Setelah minyak panas siramkan ke atas sambel yang sudah di haluskan tadi sambil terus di aduk rata

– Siapkan ayam di piring, penyet /tekan ayam memakai ulekan kayu sampai remuk lalu siram sambal korek diatasnya

-Ayam goreng geprek crispy siap dihidangkan

 

Jangan lupa sediakan air dingin yang banyak, karena ketika memakan ayam geprek ini pasti akan kepedesan. Namun ya tidak apa-apa, walaupun pedas banget tetapi ayam gepreknya enak dan tentu membuat hati menjadi senang karena ayamnya enak.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.