Cara Foto Produk untuk Jualan Online

Fitri Tamara 0
cara foto produk

Cara Foto Produk untuk Jualan Online. Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat Anda menjalankan bisnis online adalah cara foto produk untuk jualan online. Alasannya adalah foot produk merupakan salah satu hal yang dilihat pertama kali oleh para calon konsumen.

Jadi memastikan konsumen tertarik adalah aspek pentingnya. Ketika Anda tengah scrolling Instagram pastinya saat melihat sesuatu menarik Anda lebih tertarik dengan foto, begitu pula juga dengan produk.

Sementara dalam hal ini akan kami jelaskan mengenai cara foto produk yang bisa dilakukan untuk jualan online. Bagi Anda yang penasaran dan membutuhkan informasi lebih lengkap, simak artikel ini hingga tuntas !

Bagaimana cara foto produk untuk jualan online ?

 

Faktanya untuk memfoto produk yang akan dijual secara online bukanlah hal yang bisa dianggap enteng, karena foto produk yang akan Anda jual akan mempengaruhi konsumen. Penting sekali untuk mempelajari fotografi produk agar foto produk yang menarik bisa didapatkan.

Foto produk yang akan Anda jual memang tidak bisa dianggap remeh apalagi dipandang sebelah mata. Foto produk merupakan kegiatan yang tak bisa Anda kesampingkan, karena setiap foto yang Anda jepret akan sangat berpengaruh.

cara foto produk
hipwee.com

Ketika Anda menjepret foto dan mengunggahnya di website toko online atau akun media sosial maka konsumen akan melihat kesungguhan Anda di sana. Jika Anda bukan seorang yang profesional maka Anda memerlukan beberapa tips atau cara foto produk untuk jualan online, yaitu :

  1. Kamera Berkualitas dan Menggunakan Sumber Cahaya yang Baik

Menggunakan kamera yang berkualitas seperti DSLR atau mirrorless adalah salah satu bukti Anda sungguh – sungguh untuk berjualan online. Namun jika budget yang Anda miliki terbatas Anda dapat memakai kamera ponsel, yang terpenting adalah hasil yang Anda jepret. Asalkan gambar yang Anda jepret tidak blur dan detail produk terlihat dengan baik.

Hal ini akan menjadi nilai plus untuk Anda. Pencahayaan merupakan salah satu rahasia utama dari fotografi, apabila sumber cahaya yang Anda gunakan jelek maka hasilnya pun akan jelek. Alasannya adalah karena sumber cahaya amat memberi pengaruh terhadap hasil foto.

Anda harus menggunakan sumber cahaya yang baik, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Pastikan Anda dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat serta highlight terang.

  1. Latar Belakang Putih dan Menggunakan Model

Latar belakang putih merupakan warna netral yang tidak akan mengganggu perhatian. Produk akan menjadi fokus utama dan foto akan lebih mudah diedit. Sementara untuk mendemonstrasikan produk Anda dapat menggunakan model, seperti pakaian, tas. Agar produk memiliki gambaran yang sangat jelas dan membuat calon pembeli melihat bagaimana pakaiannya ketika dipakai.

  1. Sudut Pengambilan Gambar dan Mengedit Foto

Tampilan produk di mata konsumen dipengaruhi oleh angle foto atau sudut pengambilan gambar. Jika angle bagus maka foto produk yang terambil juga bagus. Contohnya pada saat memotret makanan, alangkah baiknya jika difoto dari atas.

Alasannya untuk mempercantik makanan tersebut, demikian juga untuk produk baju yang harus diambil dari depan. Lakukanlah proses pengeditan memakai aplikasi edit foto untuk membuat foto tampak lebih sempurna.

Tambahkan juga watermark agar foto Anda aman tidak diambil orang, editlah foto Anda dengan sentuhan natural. Cara selanjutnya adalah mengompres foto untuk memperkecil ukuran foto sebelum diunggah ke website toko online kesayangan Anda.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com