Bunda, Pahami Hal Penting Dalam Mendidik Anak

Bunda, Pahami Hal Penting Dalam Mendidik Anak

Sekolah memang suatu kebutuhan dasar yang sangat diperlukan untuk mengembangkan diri dan kreatifitas anak sejak usia dini. Karena itu setiap anak sangat memerlukan pendidikan untuk mengembangkan kreatifitas dirinya.

Namun sebenarnya, yang diperlukan anak bukan hanya sekolah. Mengapa??

Karena anak juga sangat butuh didikan orang tua di rumah selain pendidikan yang diterima di sekolah.

Apa yang menjadi dasarnya?

Dasarnya adalah karena rumah merupakan sistem interaksi primer dalam diri anak. Dan anak juga lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dibandingkan dengan di sekolah.

Logikanya..

Jika anak memiliki waktu sebanyak 24 jam, ia gunakan untuk sekolah selama 7 jam, maka sisa 17 jam di rumah. Dan waktu selama 17 jam di rumah tentu bukan waktu yang sedikit. Karena itu, orang tua harus pandai – pandai memanfaatkan waktu yang panjang ini di rumah untuk mengembangkan diri si anak.

Dan memang keterlibatan orang tua dalam mendidik anak menjadi sesuatu yang sangat penting, karena mendidik anak tidak mungkin hanya dipasrahkan kepada guru saja, tetapi orang tua dan orang – orang sekitar yang berinteraksi dengan si anak juga harus ikut terlibat.

Dan ada sesuatu hal yang harus bunda tahu.

Hal ini adalah, terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan orang tua dalam mendidik anak.

Ingin tahu aspek penting apa saja yang dibutuhkan untuk mendidik anak?

Ini dia informasinya! Yuk lanjutkan membaca!

Hal Penting Dalam Mendidik Anak

Mendukung Anak Secara Penuh

Ingin anak anda di sekolah berprestasi?

Ya, mungkin jawaban hampir setiap orang tua adalah “iya”.

Memang, memiliki anak berprestasi adalah suatu kebanggan tersendiri. Akan tetapi untuk mewujudkannya tidak mudah.

Apa yang harus dilakukan orang tua supaya anaknya bisa berprestasi di sekolah?

Pastinya anak yang berprestasi di sekolah juga dipengaruhi oleh orang tuanya bukan? Karena itu sudah sepantasnya sebagai orang tua, anda selalu berusaha mendukung anak secara penuh. Selain dukungan material, berikan dukungan moril yang cukup untuk mendukung si anak menjadi anak yang berprestasi.

Dan hal penting kedua yang harus diperhatikan orang tua adalah…

Kerjasama dengan Guru

Satu hal yang harus bunda tahu,

Bahwa sebenarnya,

Guru bukan hanya pengajar dan yang memberikan ilmu dasar di sekolah saja, tetapi guru adalah seorang partner.

Partner orang tua dalam mendidik anak guna memperluas wawasan dan memperbaiki akhlak yang dimilikinya dengan nilai – nilai yang baik. Oleh sebab itu, karena guru merupakan seorang partner, orang tua harus senantiasa menjalin kerjasama yang baik dengan guru untuk mendidik anak.

Cari informasi tentang anak anda dari guru di sekolah, dan upayakan anda respect dengan semua yang diucapkan guru terhadap anda kemudian gunakan sebagai dasar mendidik anak di rumah.

Dan yang harus anda lakukan juga dalam mendidik anak adalah..

Ajari Tanggung Jawab dan Disiplin

Mereka yang sukses adalah mereka yang disiplin dan memiliki jiwa yang bertanggung jawab. Pastinya kalimat tersebut sudah santer anda dengar.

Oleh sebab itu, anda harus berupaya untuk mengajarkan nilai kedisiplinan dan tanggung jawab kepada mereka.

Ajak juga anak – anak untuk membuat schedule kemudian melaksanakan apa yang telah menjadi schedulenya. Dengan demikian secara tidak langsung, anak akan mulai berlatih disiplin dan bertanggung jawab atas schedulenya.

Dan yang tak kalah penting bunda lakukan dalam mendidik anak di rumah adalah..

Jadi Teman Terbaik

Orang tua pasti punya banyak pengalaman. Jadikanlah pengalaman anda ini sebagai cerita – cerita untuk si anak.

Ceritakan semua pengalaman anda di sela – sela waktu, dan ajak juga anak anda untuk bercerita kepada anda. dengan demikian akan muncul interaksi yang tidak kaku diantara orang tua dan anak. Yang akhirnya anda dapat menjadi teman terbaik untuknya.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam mendidik anak. Semoga informasi yang kami berikan kali ini sehubungan dengan Hal Penting Dalam Mendidik Anak bermanfaat.

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com