Bagaimana sih cara hidup hemat yang baik dan benar?

Fitri Tamara 0

Apakah kamu telah mengelola keuangan atau finansial dengan baik? Sebaik apakah kamu mengelolanya?

Pola hidup hemat perlu diterapkan sejak dini, dapat pula untuk mengajarkan kepada anak sejak masih usia belia, dengan menabung dan tidak menghabiskan keseluruhan uang jajan. Hal kecil semacam itu akan membentuk pribadi dan sifat hemat secara tidak langsung dan akan terus berlanjut sampai pada saat dewasa nanti

Berikut ada beberapa tips hidup hemat yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari

  1. Buat prioritas kebutuhan dan pengeluaran, bedakan mana kebutuhan dan keinginan

Menjadwalkan setiap satu bulan sekali untuk membuat list atau daftar keperluan Anda dalam satu bulan, dan pastikan untuk memisahkan antara kebutuhan yang bersifat urgent atau mendesak, kebutuhan yang bersifat kewajiban, seperti membayar tagihan, serta biaya kebutuhan operasional bulanan rumah tangga. Namun jangan dilupakan untuk membuat list kebutuhan yang bersifat sekunder atau rekreasi.

  1. Pastikan pengeluaran lebih kecil dari pendapatan

Ada baiknya jika Anda menjumlahkan semua pengeluaran-pengeluaran yang telah terdaftar dalam list primer, kemudian tambahkan dengan budget kebutuhan sekunder, apakah total pengeluaran tersebut berada di bawah jumlah pendapatan setiap bulannya? Jangan sampai terjadi jumlah total pengeluaran jauh lebih besar dari pendapatan, karena akan memberikan keinginan berhutang untuk menutupi kekurangan tersebut, dimana berhutang sangat tidak disarankan.

  1. Menjaga kesehatan menghemat biaya berobat

Ada pepatah mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Pepatah tersebut sangat bisa dan lebih dianjurkan jika ingin menghemat pengeluaran.

Bagaimana caranya? Memulai hidup sehat dengan cara mengatur pola makan secara teratur, memakan jenis makanan yang sehat dan bergizi, serta memperbanyak olahraga, bahkan dengan olahraga yang ringan sekalipun. Biasakan pola hidup sehat seperti ini setiap harinya. Hal ini akan sia-sia dan tidak akan berhasil jika dilakukan setengah-setengah ataupun tidak melakukannya setiap hari secara kontinyu.

  1. Belanja secara bijak

Seringkali jika pergi ke mall atau supermarket, tanpa sadar membeli barang-barang yang sebenarnya pada awalnya tidak ingin membeli, namun karena barang tersebut unik, limited edition, atau berdasarkan saran atau bujukan dari teman maka kamu membelinya. Hal seperti inilah yang sangat perlu dihindari, terutama jika ingin menerapkan pola hidup hemat.

Usahakan untuk selalu mempunyai tujuan jika ingin pergi ke suatu tempat dan lebih baik jika membuat daftar atau list apa saja barang yang hendak dibeli beserta dengan jumlahnya, dan yang terpenting adalah total pengeluaran tersebut masih sesuai dengan budget yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. 5. Bawa bekal lebih baik daripada membeli makanan diluar

Jika berlibur, biasanya makan di sekitar tempat wisata, entah karena belum mengenal wilayah lingkungan tempat wisata tersebut atau tidak mengetahui tempat lain untuk membeli makan, ataupun semata-mata untuk mengefisiensi waktu sehingga bisa segera berpindah ke destinasi wisata selanjutnya.

Untuk bisa menghemat pengeluaran, kamu bisa membawa bekal sendiri, dan yang pasti bekal yang dibawa merupakan makanan yang simpel, tidak ribet, dan tentu saja dalam porsi yang cukup. Selain menghemat, dengan membawa makanan sendiri, kamu mengetahui dengan pasti bahwa makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang sehat dan bergizi, sehingga menunjang tubuh selama bepergian. (fen)

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.