Anak Sering Bertengkar Begini Bunda Cara Mengatasinya

Fitri Tamara 0

Anak Sering Bertengkar? Begini Bunda Cara Mengatasinya

Memiliki anak lebih dari satu orang dengan usia yang setara memang menjadi perhatian ekstra untuk bunda. Mengapa?

Karena biasanya, jika rumah dihuni lebih dari satu orang anak dengan usia yang setara, pastinya pertengkaran demi pertengkaran akan terjadi. Ada saja sesuatu yang membuat keduanya bertengkar dan akhirnya menyisakan rasa kesal bagi orang tua.

Apakah anda saat ini sedang mengalami masalah ini?

Eits, bunda harus bersabar. Jangan dulu marah dan jangan dulu dilema. Bunda harus bijak dalam mengatasi situasi ini.

Pasalnya jika bunda mudah tersulut api kemarahan, anak akan semakin bandel dan bisa jadi bukannya pertengkaran yang mereda melainkan amarah yang lebih besar akan tersulut.

Jika bunda sedang berada pada situasi ini, tentu saja bunda harus memiliki cara jitu mengatasinya. Yang terpenting adalah bunda harus bersabar dulu.

Ingin tahu cara jitu atasi anak yang sering bertengkar di rumah?

Daripada penasaran dan semakin bertanya – tanya, yuk kita simak dulu informasi di bawah ini!

Cara Atasi Anak yang Sering Bertengkar

Cara mengatasi anak yang sering bertengkar yang kami bagikan kali ini, termasuk cara yang paling efektif. Mengapa?

Cara ini kami lansir dari beberapa orang tua yang sudah berpengalaman. Dan pastinya sangat cocok anda terapkan di rumah.

Hadapi Anak dengan Tenang

Anak memang mudah sekali bertengkar. Bahkan, terkadang masalah sepeleh saja dapat menyulut api pertengkaran. Mungkin bunda sudah mengalami masalah ini di rumah.

Lalu bagaimana meredam api pertengkaran diantara keduanya?

Untuk meredam api pertengkaran diantara keduanya, bunda harus bersikap tenang. Keep calm bunda. Hadapi mereka dengan melerai dibarengi senyum. Bunda tidak boleh tersulut emosi ya dan biasakan selalu tenang melerai pertengkaran mereka.

Entah, bunda sadar atau tidak??

Faktanya, ketika si anak melihat orang tuanya sabar melerai mereka, emosi keduanya akan surut perlahan – lahan, dan akhirnya mereka akan sangsi untuk melakukan pertengkaran yang sama dengan saudaranya.

Dan cara kedua yang dapat bunda lakukan adalah….

Memberikan Kasih Sayang yang Sama

Di usia yang setara, anak mudah sekali marah dan merasa iri. Bahkan terkadang seringkali anak merasa orang tua memberikan kasih sayang yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Memang sih, memberikan kasih sayang yang sama tidaklah mudah mengingat banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan bunda.

Bahkan terkadang, kasih sayang yang diberikan sudah sama tetapi anak merasa masih saja kurang kasih sayang yang diberikan ini. Dan bunda harus sabar serta selalu memberikan pengarahan kepada anak.

Jika bunda punya sesuatu yang dibagikan kepada keduanya, upayakan membagikan dengan merata. Dan jika terjadi pertengkaran, bunda juga harus melerainya dengan tidak memihak salah satu diantara mereka.

Dan selanjutnya, lanjut kepada cara ketiga, yaitu…

Ajarkan Buah Hati Menyelesaikan Masalah Mereka

Tidak ada asap jika tidak ada api. Demikian halnya dengan sebuah pertengkaran. Tidak akan ada sebuah pertengkaran tanpa sebab musababnya.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan bunda adalah…

Mencari penyebab kenapa anak bertengkar dan mengajarkan kepada mereka bagaimana caranya mengatasi sebuah masalah dan mencari penyelesaian masalah. Ajak mereka duduk bersama mencari penyelesaiannya.

Itulah Cara Atasi Anak yang Sering Bertengkar yang dapat anda lakukan. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat dan dapat bunda terapkan di rumah.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.