5 Jenis keju dan kegunaanya!!

Di dunia kuliner, keju sudah menjadi bahan wajib untukpenambah cita rasa maupun penghias makanan. Seperti pizza, tak lengkap jika tak ada lelehan keju, atau sekadar mie instant ditambah parutan keju untuk menambah nilaikelezatan makanan tersebut.

Namun ternyata keju ada banyak jenisnya lho. Tak semua kejubisa dijadikan bahan lelehan sebuah pizza. Keju diproduksidengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan. Hasil dari proses tersebut nantinya akandikeringkan, diproses, dan diawetkan. Sehingga penggunaansetiap keju pun berbeda-beda.

Keju memang identik dengan benua Eropa, pasalnya beberapanegara di sana merupakan negara penghasil keju dengan bentukdan jenis yang berbeda-beda. Keju sendiri diidentikkan dengancampuran makanan ringan, karena keju sudah memiliki banyakgizi yang berasal dari susu sebagai bahan utama keju tersebut.

1. Keju Parmesan

Keju yang berasal dari Italia ini memiliki bentuk yang pada dankeras. Jika diamati dari dekat, keju ini memiliki lubang-lubangkecil di setiap bagiannya. Sama halnya dengan beberapa kejulainnya, Parmesan terbuat dari susu sapi dan membutuhkanwaktu yang lama selama produksinya. Keju ini biasanyadigunakan untuk taburan sup, pizza, maupun spageti, danmenjadi alternatif untuk taburan kue kering pada umumnya.

2. Keju Cheddar

Di Indonesia, kamu mengenal salah satu merek keju dengannama cheddar. Padahal cheddar merupakan salah satu jenis kejuyang ada di dunia. Keju yang identik kotak dan padat inimerupakan keju yang berasal dari Inggris. Biasanya padakegunaannya keju ini digunakan sebagai bahan utama untukpembuatan kue.

3. Keju Mozzarella

Mulanya keju terkenal ini terbuat dari bahan dasar susu kerbau, namun lama kelamaan susu kerbau sendiri menjadi langkah, kemudian Mozzarella susah diproduksi. Namun kini Mozzarella mulai dicoba pembuatannya dengan susu sapi agar memudahkanproses pembuatannya.

Bagi kesehatan, keju ini baik untuk dikonsumsi, pasalnya kejuini bebas lemak sehingga mampu melindungi kesehatan jantung.Di Indonesia sendiri, keju ini terkenal sebagai topping padaPizza.

4. Keju Edam

Keju ini identik dengan bungkusnya yang berwarna merahmenyerupai buah apel. Keju ini dinilai sebagai salah satu kejuyang keras yang berasal dari Belanda. Nama Edam sendiridiambil dari daerah di Belanda yaitu Edam, di Holand Utara.Keju Edam sediri bisa dihidangkan dengan campuran buah, namun orang bisa juga menggunakannya untuk taburan kuekering.

5. Keju Gouda

Tak sama dengan keju lainnya, keju Gouda memiliki rasa yang manis karena selama proses pemanasan, kandungan asamlaktatnya menghilang. Keju Gouda juga berasal dari daerahBelanda. Keju ini biasanya digunakan sebagai toping salad, danmakanan lainnya seperti spageti. Hampir menyerupaiMozzarella, keju ini dapat dilelehkan dalam keadaan panas.

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.