5 PODCAST YANG COCOK DINIKMATI SAAT PANDEMI!!

Fitri Tamara 0

Dalam mengatasi wabah virus COVID-19, banyak orang yang mulai berkegiatan di rumah, bahkan ada harus mengisolasi diri(self quarantine). Meski banyak batasan yang dihadapi, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untukmendengarkan podcast menarik yang bermanfaat kalian.

Berbeda dengan radio, podcast tidak menyiarkan konten secaralinier, namun on demand. Podcast mungkin belummemiliki audience sebanyak YouTube, namun podcast memilikipotensi sebagai bagian industri kreatif di tengah perkembanganteknologi informasi dan platform seperti Spotify danSoundCloud adalah contoh platform favorit untukmendengarkan podcast.

Yang menarik, baru-baru ini podcast dengan tema literatur jugabanyak digarap oleh para podcaster, salah satunya adalahsastrawan, jurnalis senior dan penulis novel Leila Chudori yang baru saja meresmikan podcast miliknya dengan tema literaturserta industri buku.

Melihat fenomena podcast yang membahas literatur dan industrikami mencari dan merangkum 5 rekomendasi podcast literaturuntuk bisa kamu simak dan nikmati.

 

1.   Coming Home With Leila

Berawal dari kegundahan dan keprihatinan akan maraknyabahasa gawai dan komunikasi instan, Leila Salikha Chudoriingin mengajak orang-orang untuk kembali mencintai bukudengan meluncurkan podcast bernama Coming Home With L​eilaChudori. Ada tiga tema dalam program podcast miliknya, yaituIn Contemplation with, In Conversation with, dan In Consideration with.

Pada tema In Contemplation with, Leila berbincang denganberbagai tokoh yang gemar membaca dan memperlakukan bukusebagai kebutuhan hidup. Lalu dalam In Conversation with, merupakan obrolan Leila dengan para penulis, komikus maupunpenyair tentang proses kreatif mereka. Dan terakhir dalam In Consideration with, adalah debat antara beberapa narasumbertentang satu atau dua buku yang menarik. Melalui podcast miliknya, Leila berharap semangat anak mudahadir kembali untuk memperluas wawasan dan mengasah intuisimelalui buku.

2.   Podcast Buku Kutu

Kamu yang memiliki ketertarikan membaca bukuPodcast Bu​kuKutu bisa jadi referensi untukmu. Aditya Hadi sebagai host akanmembahas review buku-buku terbitan lama maupun baru, jugarekomendasi buku yang menarik untuk dibaca hingga topikterhangat seputar industri perbukuan. Sejak Desember 2018 sampai saat ini, sudah ada 107konten yang ia tayangkan.

3.   Kepo Buku

Sama seperti Podcast Buku KutuKepoBuku adalah podcast yang membahas ataukepo‘ (memilikikeingintahuan yang besar) masalah buku. Menariknya, KepoBuku tidak membahas buku-buku mainstream atau jarangdiketahui karena menurut mereka buku di rak best-seller tokobuku belum tentu layak untuk dikepoin.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan referensi buku-bukuterbitan baru atau lama yang tidak familiar atau istilahnyaunder-rated‘, Kepo Buku bisa menjadistasiun streaming literatur yang bisa disimak.

4.   Bicara Sastra

Salah satu siaran podcast lain yang dapat kamu ikutiadalah Bicara Sastra oleh Ahmad Syarifudin. Tersebar dalamkanal Spotify, Breaker, dan Radio Public, siaran podcast inimembahas pertanyaan-pertanyaan kita seputar hal substansialseperti apa itu sastra dan bukan sastra, bentuk-bentuknya, hinggaajang kepenulisan yang sering membuahkan cerita-ceritamenarik untuk diikuti. Meski terbilang masih sangat baru, konten sastra yang dihadirkan berbobot, menarik danmenyeluruh.

5.   Secangkir Puisi Sebait Kopi

Kamu enggak mau hanya mendengarkan isu industri buku, kajian, dan hal-hal soal sastra itu sendiri? Mau mendengarkankarya sastra langsung disiarkan oleh si pembuat karya? Ada banyak lho yang menyiarkan puisi-puisi buatan mereka sendiridi kanal penyedia siaran podcast. Salah satunyaadalah Secangkir Puisi Sebait Kopi.

Mendengarkan puisi dengan latar musik sebagai penyelarasrasa, Secangkir Puisi Sebait Kopi bisa menjadi referensi untukdidengarkan bagi kamu yang suka dengan puisi. Puisi-puisi yang dibacakan dalam channel podcast ini merupakan puisi yang dibuat oleh si pemilik channel, Budi Winawan atau pun puisikarya orang lain. Selain konten itu, Budi membuka kesempatankepada siapa pun yang ingin membaca puisi dan ingindipublikasikan di channel-nya dengan mengirimkan audio melalui kontak personalnya.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.