Vtube Investasi Bodong Tidak Terdaftar di OJK? Ini Kata OJK Jember

Agus Pratama 0
Vtube Investasi Bodong

Vtube Investasi Bodong? Belakangan banyak sekali masyarakat yang mempertanyakan hal tersebut. Hal ini dikarenakan sejumlah pengguna yang sudah merasa dibohongi oleh aplikasi Investasi Vtube mempublikasikan keluh kesahnya di sosial media. Sontak jagat maya pun ramai membcirakan hal ini, dan pencarian informasi Vtube sebagai aplikasi resmi atau tidak semakin meningkat.

Sebelumnya, Apa itu Vtube? Vtube adalah sebuah investasi bisnis gratis berbasis aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk menonton iklan guna mendapatkan reward view point yang nantinya dapat dikonversi menjadi pendatapan atau penghasilan bagi pengguna. 1 view point setara dengan 1 dolar, dimana view point tersebut juga dapat diperjual belikan oleh member lama kepada member baru.

Vtube Investasi Bodong dan Tidak Terdaftar di OJK

Sejauh ini belum ada satu pun pengguna Vtube yang bisa membuktikan jika Vtube adalah aplikasi resmi yang terdaftar di OJK atau otoritas jasa keuangan. Hal ini juga sudah pernah kami bahasa beberapa waktu yang lalu pada artikel Vtube Resmi Atau Ilegal? pada tahun 2020 lalu.

Dan baru-baru ini, mengutip informasi yang dimuat pada halaman Pikiran-Rakyat.Com menyebutkan, bila bisnis Vtube memang tidak terdaftar di OJK. Informasi ini berdasarkan keterangan Azilsyah Noerdin selaku Kepala Otoritas Jasa Keungan Jember saat diwawancarai di kantor OJK Jember pada Sabtu 23 Januari 2021.

Masih menurut Azilsyah, sebenarnya pada bulan juli 2020 satgas waspada investasi bodong sudah mengeluarkan nama-nama investasi resmi dan nama-nama investasi bodong, dimana Vtube sudah dimasukan ke dalam daftar investasi bodong. Satgas waspada investasi bodong itu sendiri beranggotakan 13 lembaga seperti kepolisian, kejaksaan, kominfo, kementerian agama, OJK dan lainnya.

Sejauh ini, berdasarkan keterangan Azilsyah hanya terdaftar 149 entitas yang sudah berijin resmi di OJK. Sehingga diharapkan untuk masyarakat yang hendak melakukan investasi sebaiknya menanyakan terlebih dahulu kepada OJK terkait bisnis yang akan diikuti tersebut resmi atau tidak.

Tags:

Agus Pratama

Suka menulis sejak duduk di bangku SMA. Kini mengelola sejumlah blog dan menjadi kontributor di situs Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.