Tips Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua

Fitri Tamara 0

Tips Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua – Untuk memudahkan komunikasi dan kebutuhan lain, ponsel android kini sangat penting untuk digunakan dan sudah termasuk kebutuhan untuk manusia. Kebanyakan orang tua banyak yang merasa gaptek tentang teknologi khususnya menggunakan ponsel android. Orang tua kurang mengerti tentang penggunaan ponsel android tersendiri, maka dari itu anda sebagai anaknya diharuskan membimbing dan mengajari untuk menggunakannya mulai dari mengatur ponsel tersebut untuk digunakan para orang tua. Beberapa pengaturan yang dapat anda lakukan untuk ponsel yang akan digunakan orang tua seperti tampilan, keyboard, jenis font, notifikasi dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang tua kesulitan untuk menggunakan ponsel android karena keyboard yang ditampilkan dalam bentuk digital dan kebanyakan huruf pada smartphone terlihat kecil karena memang ukuran font atau huruf bawaan pada masing – masing ponsel android berukuran sedang. Ditambah lagi dengan tampilan yang berbeda dengan ponsel monoponik yang biasa digunakan. Untuk anda yang ingin memberi orang tua anda ponsel baru, disarankan untuk mengatur ponsel tersebut terlebih dulu. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika menyetting smartphone untuk orang tua anda.

Setting Smartphone Android Untuk Orang Tua

  1. Atur keyboard

Tips yang pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan mengatur keyboard. Mengapa penting? Keyboard bawaan biasanya masih tersedia dalam pengaturan dan fitur bawaannya seperti auto teks yang akan menyulitkan orang tua untuk mengetik sesuatu. Fitur ini memang bagus, tapi terkadang salah dalam mengartikan. Contoh singkatnya seperti sesuatu yang diketik dengan hasil ketikan berbeda. Tidak disarankan juga untuk menggunakan keyboard variasi lain yang nantinya akan menyulitkan para orang tua dalam pengoperasiannya.

  1. Gunakan fitur aksesibilitas

Tips yang kedua yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan fitur aksebilitas. Fitur ini akan berguna dan bermanfaat untuk mempermudah penggunaan ponsel android. Anda dapat mengatur fitur ini sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh para orang tua. Seperti contohnya mode pembesaran, mode ini akan bermanfaat untuk memperbesar layar. Biasanya cara kerjanya hanya mengetuk layar sebanyak tiga kali atau dengan gestur untuk memperbesar tampilan layar. Pastikan juga untuk menyeting fitur ini secara otomatis agar dapat membantu orang tua untuk mengoperasikan ponsel.

  1. Atur akun Google

Tips yang ketiga yang bisa anda gunakan adalah dengan mengatur akun google. Akun ini memang penting dan harus ada dalam setiap ponsel android. Karena setting bawaan setiap ponsel android juga mengharuskan setiap ponsel memiliki akun google nya masing – masing. Akun ini juga nantinya sangat bermanfaat untuk mengurus berbagai keperluan email, mendownload aplikasi dari play store dan juga beberapa kebutuhan lain dalam pengoperasian ponsel android. Pastikan untuk menulis username dan password nya untuk berjaga – jaga jika orang tua anda lupa.  Akun ini juga bisa digunakan untuk mencadangkan data dan memulihkannya jika suatu saat terjadi kehilangan data pada ponsel.

  1. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Tips yang terakhir yang bisa anda gunakan adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Aplikasi bawaan android yang beragam tidak semuanya akan digunakan. Beberapa aplikasi bawaan yang mengganggu dan tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus karena biasanya para orang tua menggunakan ponsel android untuk kebutuhan berkomunikasi. Disamping itu dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, akan membuat kinerja ponsel semakin ringan dan tidak memenuhi penyimpanan.

Nah, Demikian tadi beberapa tips untuk setting ponsel android untuk memudahkan para orang tua. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com