Tips Menggunakan Google Play Store Agar Lebih Berguna

Fitri Tamara 0

Tips Menggunakan Google Play Store Agar Lebih Berguna – Android merupakan robot hijau yang mampu menampung berbaga aplikasi unggulan. Seperti yang kita tahu bahwa market place Android bernama Google Play Store yang termasuk toko pembelian aplikasi secara gratisan tapi ada pula yang berbayar. Hanya dengan menggunakan Google Play Store para pengguna Android dapat mengunduh, lalu menginstallnya ke smartphone kesayangan. Anda dapat mengatur privasi, pengunduhan aplikasi terbaru dan menyeting penggunaan data ketika menggunakan playstore. Selain itu, anda juga dapat mengecek kapasitas memori penyimpanan pada ponsel anda sebelum mendownload sebuah aplikasi.

Namun pada kenyataanya tidak banyak juga pengguna Android yang mengeluh karena tidak bisa melakukan sistem download pada Play Store. Hal semacam ini sebenarnya wajar karena banyaknya pengguna smartphone yang sama-sama mengakses Play Store sebagai toko aplikasi maupun game di seluruh dunia. Beberapa fitur lain dan manfaat lainnya juga bisa anda dapatkan ketika mengakses google playstore. Dengan mengoptimalkan google play store, anda dapat menggunakannya secara maksimal dan besar kemungkinan untuk menghindari eror. Nah, inilah bebrapa tips untuk menggunakan playstore agar lebih berguna.

Tips Menggunakan Google Play Store

  1. Mengecek Aplikasi versi terbaru

Aplikasi versi terbaru dapat anda cek ketika menggunakan google play store. Anda dapat mengetahui dan menginstall beberapa update aplikasi yang telah anda instal menggunakan google play store. Caranya klik ikon sebelah kiri atas pada bagian layar kemudian pilih menu update dan pembaruan aplikasi.

 

  1. Cek Ketersediaan Memori Android

 

Anda dapat mengecek ketersediaan memori penyimpanan pada google playstore sebelum mendownload aplikasi. Cara ini merupakan alternatif selain mengecek pada bagian memori internal maupun eksternal yang ada di Android. Untuk mengecek hal tersebut sangatlah mudah, anda tinggal membuka menu Pengaturan >> Tap ‘Penyimpanan’. Pada bagian tersebut anda bisa melihat ketesediaan ruang kosong pada Internal Card dan Eksternal Card (Micro SD). Cobalah hapus memori Android apabila terlihat sedikit.

 

  1. Tandai aplikasi untuk dipasang nanti

Dengan menggunakan google play store, anda dapat menandai berbagai aplikasi yang akan didownload nanti. Tujuannya adalah agar anda dapat langsung untuk menginstall jika diperlukan atau ketika anda sudah mempunyai kuota internet yang lebih. Caranya adaalh dengan menekan ikon pada bookmark sebuah aplikasi yang biasanya berada disebelah nama aplikasi tersebut. tekan menu tiga garis horizintal kemudian pilih opsi masukan daftar tunggu atau wishlist.

  1. Melihat review aplikasi

Melihat sebuah review aplikasi merupakan hal penting yang perlu anda lakukan sebelum menginstal sebuah aplikasi. Anda dapat melihat review sebuah aplikasi pada halaman download yang biasanya terletak dibawah aplikasi yang akan diunduh.

Nah, demikian ulasan singkatnya mengenai tips menggunakan google play store agar lebih optimal dan berguna. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com