Tips Membuat Video Time Lapse Super Keren

Fitri Tamara 0

Tips Membuat Video Time Lapse Super Keren

Sudah tidak asing lagi dengan istilah time lapse didalam dunia videografi? Timelapse ini merupakan salah satu teknik videografi yang mana kita akan membuat kumpulan foto akan menjadi video nantinya. Foto – foto yang jumlahnya banyak kemudian kita atur dengan software pengolah video untuk dijadikan sebuah video yang keren.

Untuk membuat video time lapse ini alat – alat yang digunakan juga sangat fleksibel. Anda bisa pilih dan kenakan kamera mirrorless, DSLR bahkan juga kamera smartphone atau kamera android biasa. Tergantung yang Anda miliki pokoknya Simple banget bukan? Kemudian Anda langsung ikuti tips berikut ini agar bisa mendapatkan video time lapse super kerennya

Tips Membuat Video Time Lapse Super Keren

Pertama – tama Anda rename semua file foto yang telah Anda potret tadi berdasarkan urutan pertama sampai terakhir. Untuk melakukan ini juga sangat mudah. Anda cukup blok saja keseluruhan foto dengan cara Anda klik foto terakhir dan kemudian Anda tahan tombol shift kemudian klik foto pertama.

Setelah itu Anda coba klik kanan dan Anda pilih rename. Silahkan untuk Anda beri dengan nama sesuka Anda yang nantinya foto pertama akan ada angka 1 dan seterusnya sampai foto yang terakhir. Kemudian Anda import pada software panolapse. Nantinya akan muncul pilihan setting yang Anda harus atur. Jika memang Anda gunakan panjang fokal 18 mm di kamera APSC yang terkena crop factor Anda dapat langsung masukkan informasinya disini dan pilih done.

Setelah itu Anda bisa lakukan preview video timelapse yang nantinya akan Anda export. Jika memang Anda sudah puas bisa Anda lanjutkan dengan memilih Exports Frames. Nantinya akan muncul kotak dialog berisi pengaturan export. Untuk trial version Anda hanya terbatas memilih resolusi HD (1280 x 720) dan tidak dapat full HD. Disini Anda juga dapat coba memilih settingan frame rate dan sesuaikan. Perhatikan juga soal output folder tempat Anda menyimpan hasil render. Kemudian silahkan Anda pilih tombol Queue for render dan tunggu panolapse yang akan membuat folder baru dan untuk mengeksplor foto – foto yang akan Anda render kemudian sesuaikan dengan pengaturan yang tadi. Jika memang sudah selesai baru Anda bisa pilih render all di pojok kanan bawah.

Dan selesai Mudah dan simple bukan caranya? Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Tips Membuat Video Time Lapse Super Keren menjadi informasi yang bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.