Tips Membeli Smartphone Android Agar Tidak Kecewa

Fitri Tamara 0

Tips Membeli Smartphone Android Agar Tidak Kecewa – Varian smartphone android semakin banyak di pasaran. Bahkan fiturnya saling mirip satu sama lainnya. Hal ini membuat anda makin bingung memilihnya. Selain itu, banyaknya varian ponsel ini juga membuat anda merasa khawatir kecewa jika nantinya salah membeli. Kekecewaan dalam membeli smartphone bisa dialami karena beberapa faktor. Misalnya kurang sesuainya spesifikasi dengan kebutuhan, harganya yang terlalu mahal, hingga operasional smartphone yang dirasa terlalu susah.

Selain itu, kekecewaan tersebut bisa dirasakan dengan rapuhnya ponsel. Ponsel mudah rusak bahkan ketika mengalami sedikit benturan. Agar hal tersebut tidak terjadi, anda wajib tahu apa saja tips membeli ponsel agar nantinya tidak kecewa. Budget yang anda alokasikan pun tidak menguap sia-sia jika ponsel yang anda inginkan sesuai dengan ekspektasi. Nah, bagi yang hendak membeli smartphone android, cobalah beberapa tips membelinya agar nantinya tidak kecewa.

Tips Membeli Smartphone Android

  1. Tentukan budget

Banyaknya varian smartphone di pasaran memang membuat anda bingung. Agar pilihannya lebih mudah, anda bisa membatasinya dari budget yang dimiliki. Alokasikan budget tersendiri. Anda akan memperoleh referensi ponsel yang sesuai harga yang ditentukan. Harga ponsel android pun terbilang seragam. Jika ada beda pun tidak begitu mencolok sehingga memudahkan anda dalam memilih variannya.

  1. Pertimbangkan kebutuhan

Sebelum memilih ponsel, pertimbangkan bagaimana kebutuhan anda. Jika anda ingin mencari ponsel yang cepat, pilih yang memori internal dan RAM berkapasitas besar. Atau pilih ponsel dengan processor Octa Core. Jika ingin memperoleh kamera yang bagus, anda bisa memilih ponsel dengan pixel kamera tinggi. Selain itu, jika berdasarkan kebutuhan, alokasi budgetnya pun menjadi lebih efisien.

  1. Waspadai perubahan teknologi

Perubahan teknologi pada smartphone terbilang cepat. hal ini akan mempengaruhi kebiasaan lama. Jika anda tidak peka terhadap perubahan teknologi, dikhawatirkan akan merasa kesulitan menggunakan smartphone versi baru. Padahal teknologi tersebut difungsikan untuk memudahkan operasional ponsel.

  1. Perhatikan jumlah slot SIM

Di era saat ini, penggunaan SIM ganda memang banyak dilakukan. Anda harus memperhatikan berapa jumlah slot SIM pada smartphone. ada yang menyediakan dua slot dan tiga slot. Jika dua slot, anda harus mengorbankan salah satu SIM karena slot tersebut digunakan untuk memori card. Namun lebih aman jika slot SIM-nya sebanyak tiga buah karena memudahkan anda dalam mengatur SIM dan memori card.

  1. Pertimbangkan fitur ketahanan

Cashing tambahan kerap digunakan untuk melindungi cashing asli ponsel. Memang cashing tambahan sangat bermanfaat. Namun tetap pertimbangkan ketahanan dari body asli smartphone. Misalnya saja jenis layar apakah sudah dilengkapi anti gores bawaan, ketahanan terhadap air dan debu, serta sertifikasi yang mengikutinya. Sebab ketahanan tersebut berperan penting agar ponsel lebih awet.

Demikian beberapa tips membeli smartphone agar tidak kecewa dan awet digunakan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com