Tempat Wisata di Pulau Tidore Dengan Keindahan Alam Yang Eksotis

Fitri Tamara 0

Tempat Wisata di Pulau Tidore Dengan Keindahan Alam Yang Eksotis – Tidore merupakan nama dari sebuah pulau yang termasuk ke dalam wilayah Maluku Utara, tepatnya berada di sebelah barat Pulau Halmahera dan berdekatan dengan Ternate dengan jarak tempuh perjalanan hanya kurang lebih 30 menit dengan menggunakan perahu speedboat dari pelabuhan di Ternate, selain itu di pulau ini jugalah Kesultanan Tidore berdiri pada jaman dahulu.

Pulau Tidore sendiri memiliki luas yang kurang lebihnya sama dengan Pulau Ternate, letak kedua pulau ini juga bersebelahan dengan Pulau Ternate di sebelah utara dan Pulau Tidore di sebelah selatan. Selain itu secara geografis Pulau Tidore berada di sebelah barat Pulau Halmahera yang mana sebagian besar wilayah dari Pulau Tidore didominasi oleh wilayah gunung yaitu Gunung Kie Matubu yang merupakan sebuah gunung berapi kuno. Berikut ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Pulau Tidore yang bisa Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Pulau Tidore Dengan Keindahan Alam Yang Eksotis

  1. Pulau Maitara
foto: okezone.com

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Tidore adalah Pulau Maitara yang mana panorama alam dari pulau ini tercetak pada uang seribu rupiah, ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Pulau Maitara karena penasaran akan keindahan alam pulau tersebut, Pulau Maitara ini memiliki pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan keindahan dasar lautnya.

  1. Kie Matubu

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Tidore adalah sebuah wisata alam gunung yang disebut dengan Gunung Kie Matubu atau juga sering dsebut dengan Gunung Tidore, gunung ini merupakan gunung yang tertinggi di Maluku Utara dengan ketinggian 1730 meter di atas permukaan laut, jika Anda seorang pecinta alam sejati maka Anda wajib mendaki gunung ini karena keindahan alamnya sangat indah.

  1. Benteng Tore dan Tohula

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah maka tempat wisata di Tidore yang satu ini akan sangat cocok untuk Anfda kunjungi yakni Benteng Tore dan Tohula yang merupakan benteng peninggalan Portugis, benteng ini berlokasi di dekat Kota Saosi dan dapat Anda tempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari Pelabuhan Rum, dari benteng ini Anda dapat menyaksikan keindahan laut yang memisahkan Tidore dan Halmahera.

 

 

  1. Air Terjun Goheba

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Tidore adalah sebuah wisata alam air terjun yang bernama air terjun Goheba yang berada di Kelurahan Kalaodi, Kecamatan Tidore. Di tempat wisata alam ini Anda akan menyaksikn keindahan air terjun dengan panorama alamnya yang sangat mempesona dengan ditumbuhi pepohonan yang hijau serta kicauan burung yang sangat merdu.

  1. Pantai Cobo

Destinasi wisata lainnya yang berada di Tidore adalah sebuah pantai yang bernama Pantai Cobo yang mana pantai yang berlokasi di Teluk Cobo ini akan menyajikan keindahan alam khas pantai dengan pasir putihnya yang menghampar di sepanjang bibir pantai serta laut birunya yang jernih, di pantai ini juga Anda dapat menyaksikan keindahan alam matahari terbit dan tenggelam dari pantai yang sama.

Sebagai salah satu Pulau yang berada di wilayah Indonesia bagian timur, Tidore memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan sangat sayang untuk anda lewatkan.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com