Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

Fitri Tamara 0

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi – Boyolali merupakan nama dari sebuah kabupaten yang secara administratif masih berada di wilayah Propinsi Jawa Tengah, kabupaten yang ibukotanya ada di Kota Boyolali ini memiliki wilayah dengan luas total mencapai sekitar 1015 km² yang mana dihuni oleh kurang lebih 950 ribu jiwa penduduknya. Perlu Anda ketahui bahwa Boyolali sering dijuluki sebagai Kota Susu karena kota yang satu ini merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi segar terbesar yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Secara geografis, Kabupaten Boyolali sebagian besar wilayahnya berada di daerah dataran tinggi sehingga memiliki udara yang sangat sejuk. Selain itu Kabupaten Boyolali juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata populer yang ada di Jawa Tengah karena kabupaten ini memang memiliki potensi wisata yang besar dengan banyaknya tempat menarik yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata. Hal tersebut tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, berikut ini akan kami ulas beberapa tempat wisata yang ada di Boyolali.

Tempat Wisata di Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

  1. Gunung Merbabu

Salah satu tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Boyolali adalah Gunung Merbabu yang mana sangat sesuai untuk dikunjungi bagi Anda yang merupakan seorang pecinta alam. Anda bisa mendaki Gunung Merbabu melalui jalur pendakian Boyolali yang mana di sepanjang perjalanan Anda akan bisa menikmati pesona panorama alam yang sangat indah dan juga udara yang sejuk.

  1. New Selo
foto: wisatasoloraya.com

New Selo adalah tempat wisata kedua yang wajib Anda kunjungi di Boyolali, tempat wisata yang satu ini sebenarnya merupakan gerbang jalur pendakian Gunung Merapi. New Selo sendiri lokasi persisnya berada di Dukuh Plalangan, Kecamatan Selo di mana di tempat wisata ini Anda telah bisa menyaksikan panorama alam yang sangat indah dari dua gunung berapi yakni Merapi dan Merbabu.

  1. Umbul Tlatar

Umbul Tlatar merupakan tempat wisata ketiga yang juga menjadi favorit bagi para wisatawan, tempat wisata yang satu ini lokasinya berada di Desa Kebonbimo, Boyolali. Umbul Tlatar adalah tempat wisata yang sangat sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga di mana Anda bisa puas bermain air, selain itu tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan kolam pemancingan, kolam renang anak, taman bermain, dan lainnya.

 

  1. Pemandian Tirtomarto

Tempat wisata keempat yang juga bisa Anda kunjungi di Boyolali adalah Pemandian Tirtomarto yang lokasi persisnya berada di Kecamatan Banyudono, Boyolali. Pemandian Tirtomarto yang dikenal juga sebagai Umbul Pengging ini pada jaman dahulu merupakan sebuah kolam yang dijadikan sebagai tempat pemandian keluarga raja dari Kasunanan Keraton Solo.

  1. Waduk Bade

Tempat wisata kelima yang wajib Anda kunjungi adalah Waduk Bade yang mana lokasi persisnya berada di Desa Bade, Kecamatan Klego, Boyolali. Waduk Bade pada awalnya ditujukan untuk mengairi sawah dan juga kebun milik warga yang ada di sekitar, namun saat ini Waduk Bade juga menjadi salah satu destinasi wisata dengan panorama alam yang sangat indah.

Apabila Anda memiliki rencana untuk liburan ke Kabupaten Boyolali, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang ada di atas.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com