Tempat Wisata di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi

Fitri Tamara 0

Tempat Wisata di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi – Balikpapan merupakan sebuah kota yang ada di Propinsi Kalimantan Timur sekaligus juga merupakan ibukota dari propinsi tersebut. Kota Balikpapan sendiri mempunyai wilayah dengan total luasnya mencapai kurang lebih 500 km² dan memiliki populasi dengan total jumlah penduduknya adalah sekitar 736 ribu jiwa. Kota Balikpapan dengan wilayahnya yang cukup luas tersebut terbagi menjadi 6 kecamatan dan 34 kelurahan dan masuk dalam zona waktu Indonesia Tengah.

Kota Balikpapan yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki topografi yang cukup bervariasi dengan kurang lebih 85 persen dari luas wilayahnya merupakan daerah perbukitan sedangkan sisanya adalah berupa dataran rendah terutama yang berada di dekat daerah aliran sungai. Keadaan geografis yang demikian tentu menyebabkan Kota Balikpapan menyimpan berbagai tempat menarik serta keindahan alamnya yang eksotis untuk bisa Anda kunjungi sebagai tujuan wisata di Propinsi Kalimantan Timur, berikut selengkapnya.

Tempat Wisata di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi

  1. Hutan Bakau Margomulyo
foto: kompasiana.com

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Balikpapan adalah sebuah wisata alam yakni hutan bakau Margomulyo, menariknya hutan bakau ini merupakan sebuah habitat alami bagi berbagai jenis satwa di antaranya adalah aneka jenis burung, ikan, serta berbagai jenis hewan lainnya sehingga tempat ini sangat patut untuk dikunjungi terutama bagi Anda yang menyukai wisata alam.

  1. Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat wisata kedua yang bisa Anda kunjungi di Balikpapan adalah objek wisata alam Hutan Lindung Sungai Wain yang merupakan rumah bagi berbagai macam jenis satwa seperti beruang madu, orang utan, bekantan, dan berbagai jenis satwa lainnya, selain itu Anda juga akan menemukan berbagai macam jenis tumbuhan di antaranya adalah kantong semar dan jahe Balikpapan yang menjadi tumbuhan khas dari kota ini.

  1. Pantai Manggar Segara Sari

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Balikpapan adalah sebuah objek wisata pantai yang dikenal dengan nama Pantai Manggar Segara Sari yang sangat populer di kalangan wisatawan sehingga pantai ini akam selalu ramai dikunjungi pada saat liburan, pantai Manggar Ssgara Sari ini memiliki pasir putih yang lembut serta lautnya yang jernih dan tidak begitu dalam sehingga aman untuk bermain air.

  1. Taman Bekapai

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kinjungi di Balikpapan adalah Taman Bekapai yang merupakan sebuah taman yang berada di pusat kota Balikpapan, taman ini sudah diatur sedemikian rupa dengan tujuan agar pengunjung merasa nyaman untuk mengunjungi taman ini, di bagian luar taman Anda juga dapat berwisata kuliner karena ada banyak pedagang yang menjual berbagai macam jenis makanan.

  1. Plaza Kebun Sayur

Tempat wisata yang kelima sekaligus yang terakhir ini sangat sesuai bagi Anda yang hobi berbelanja karena di tempat ini Anda akan dapat berwisata belanja dengan puas, meskipun namanya plaza kebun sayur namun bukan berarti tempat ini menjual sayuran namun plaza ini menjual berbagai kebutuhan fashion seperti baju, sepatu, dan produk fashion lainnya dengan harga yang lebih murah.

Balikpapan sebagai ibukota dari Propinsi Kalimantan Timur memiliki berbagai tempat wisata yang sangat sayang untuk Anda lewatkan, beberapa di antaranya sudah kami ulas di atas.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com