Tempat Wisata Alam Jawa Timur Yang Mengagumkan

Fitri Tamara 0

Tempat Wisata Alam Jawa Timur Yang Mengagumkan – Jawa Timur adalah nama dari salah satu propinsi yang ada di Indonesia, propinsi yang pusat pemerintahannya berada di Kota Surabaya ini lokasinya berada di bagian paling timur Pulau Jawa. Propinsi Jawa Timur sendiri wilayahnya sangatlah luas dengan totalnya mencapai sekitar 47922 km² yang mana dihuni oleh kurang lebih 43 juta jiwa penduduknya. Propinsi yang satu ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan juga Selat Bali yang ada di sebelah timur.

Propinsi Jawa Timur juga memiliki sejarah yang sangat panjang dan menjadi tempat berdirinya beberapa kerajaan besar yang ada di Pulau Jawa seperti misalnya Kerajaan Mataram, Kerajaan Singasari, dan juga Kerajaan Majapahit. Selain itu, Propinsi Jawa Timur juga memiliki potensi wisata yang sangat besar dengan banyaknya tempat – tempat menarik yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata. Bagi Anda yang menyukai keindahan alam, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam di Propinsi Jawa Timur yang akan diulas di bawah ini.

Tempat Wisata Alam Jawa Timur Yang Mengagumkan

  1. Songa Rafting Probolinggo
foto: songarafting.wordpress.com

Songa Rafting adalah salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Jawa Timur, tempat wisata yang satu ini sangat sesuai untuk dikunjungi bagi para pecinta alam yang menyukai tantangan. Anda bisa melakukan rafting untuk menyusuri Sungai Pekalen yang ada di Probolinggo di mana Anda akan bisa menyaksikan panorama alam yang begitu indah selama menyusuri sungai.

  1. Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar merupakan tempat wisata alam kedua yang juga ada di Propinsi Jawa Timur, tempat wisata yang satu ini lokasi persisnya berada di Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai Klayar sendiri memiliki hamparan pasir putih yang luas, selain itu Anda juga bisa menemukan batuan karang dengan ketinggian mencapai 10 meter yang mana akan semakin menambah keeksotisan dari pantai ini.

  1. Ranu Kumbolo Malang

Tempat wisata alam ketiga yang bisa Anda kunjungi di Jawa Timur adalah Ranu Kumbolo yang mana lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang. Ranu Kumbolo sendiri akan menyuguhkan panorama keindahan alam yang sangat mempesona, tempat wisata alam yang satu ini masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

  1. Pulau Sempu Malang

Tempat wisata alam berikutnya yang juga wajib Anda kunjungi adalah Pulau Sempu yang mana merupakan sebuah pulau berukuran kecil yang lokasi tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Malang. Perlu Anda ketahui bahwa Pulau Sempu merupakan sebuah cagar alam dengan ekosistem yang sangat beragam, selain itu Anda juga bisa mengunjungi Segara Anakan yang ada di tengah pulau.

  1. Taman Nasional Baluran Situbondo

Taman Nasional Baluran juga merupakan salah satu tempat wisata alam favorit yang ada di Jawa Timur, tempat wisata yang satu ini lokasinya berada di Banyuputih, Situbondo. Taman Nasional Baluran memiliki savana atau padang rumput yang sangat luas sehingga Anda seolah merasa sedang berada di Afrika, selain itu Anda juga bisa menikmati pesona keindahan alam di tempat ini.

Apabila Anda menyukai keindahan alam, maka tidak ada salahnya apabila Anda mengunjungi beberapa tempat wisata alam yang ada di Jawa Timur.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com