Seumuran, Beda Rasa, iPhone X vs iPhone 8 Plus

Fitri Tamara 0

Mungkin perbandingan iPhone 8 Plus dan iPhone X ini terbilang cukup mudah. Jika anda ingin memiliki dan merasakan inovasi terbaru dari Apple, tentu jawabannya adalah iPhone X yang mengusung bahsa desain baru berbasis gesture. Hal itu bisa dilakukan karena pada iPhone X sudah tidak ditemukan lagi home button yang menjadi ciri khas dari iphone.

Keberanian Apple dalam mengeluarkan desain baru ini merupakan hal yang baik. Pasalnya desain iPhone 8 Plus sudah bertahan selama kurang lebih 2 generasi terhitung dari iPhone 7 Plus, dan tampilan depan tidak berbeda jauh dari iPhone 6 Plus yang berbeda 4 generasi. Dibalik itu semua, beberapa komentar tidak terlepas dari bahasa desain yang baru, seperti fitur keamanan berbasis wajah dan juga gesture baru yang membuat pengguna iPhone harus belajar lagi.

Baik iPhone X maupun iPhone 8 Plus memiliki banyak kesamaan jika dilihat dari segi hardware. Susunan kamera ganda dengan lensa wide dan telephoto, RAM 3 GB, Prosesor Apple A11 Bionic, bahkan opsi memori penyimpanan yang sama sebesar 64 atau 256 GB. Selain itu, kedua seri iPhone ini juga dibekali kamera depan yang sama serta fitur kamera yang sama juga seperti OIS, dan juga Portrait Mode yang memungkinkan anda mengambil foto dengan background blur.

Kedua iPhone ini, masih menjadi rekomendasi saya bagi anda yang menginginkan iPhone dengan harga yang masih terbilang wajar meskipun dalam kondisi bekas. Untuk model mana yang cocok tergantung pada anda yang menginginkan desain baru dari Apple atau harga yang lebih murah dengan fitur sama. iPhone 8 Plus saat ini bisa anda beli dengan harga dikisaran 5 hingga 6 Jutaan sedangkan untuk iPhone X berada diharga 7 Jutaan.

Bagi saya tidak ada perbedaan dalam hal performa, karena mengusung perangkat keras yang sama. Tetapi untuk desain yang baru, anda perlu menyiapkan budget yang lebih besar. Ditambah lagi, dukungan software iOS dari Apple yang masih ada hingga tahun 2020 ini menjadikan iPhone X ataupun iPhone 8 Plus yang akan anda beli serasa up-to-date tanpa mengurangi performa.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.