Peranan Wireless Network serta Keunggulan dan Kekurangannya

Fitri Tamara 0

Peranan Wireless Network serta Keunggulan dan Kekurangannya – Mungkin selama ini Anda sering mendengar istilah wireless network. Namun apakah Anda tahu apa sebenarnya wireless network itu? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu wireless network serta kekurangan dan kelebihannya.

Wireless network adalah suatu jaringan pada komputer di mana dalam penggunaannya tidak perlu memanfaatkan kabel jaringan seperti misalnya fiber optik maupun coaxial. Wireless network di sini dalam prosesnya menggunakan sinyal elektromagnetik.
Seperti yang kita tahu, bahwa dewasa ini banyak teknologi yang telah menggunakan wireless network. Contoh simpelnya yaitu hampir semua merek laptop saat ini telah terpasang perangkat untuk dapat menerima jaringan wireless. Hal itu dikarenakan penggunaannya lebih praktis serta efisien.

Keunggulan lain yang dimiliki jaringan wireless yaitu kepraktisan serta kemudahan dalam pemasangannya karena memang dalam prosesnya ini wireless tidak memerlukan adanya peran kabel. Anda hanya cukup menghidupkan fitur dari wireless di perangkat mobile ataupun komputer Anda. Setelah itu Anda cukup menghubungkannya ke jaringan yang tersedia.

capacitymedia.com

Apa saja peran, kelebihan dan kekurangan dari wireless network?

Peran wireless network pada komputer
Wireless network memiliki peranan dalam mengkoneksikan perangkat-perangkat dalam jaringan seperti smartphone, komputer, laptop ataupun tablet sehingga dapat melakukan komunikasi antara satu dengan yang lain.

Perbedaan yang paling mencolok antara wairless network dengan jaringan lainnya yaitu wairless tidak menggunakan kabel, namun menggunakan elektromagnetik ataupun gelombang radio yang dipancarkan melalui poin akses perangkat.

Wireless network merupakan terobosan dalam bidang teknologi yang dapat dikatakan sangat mutakhir. Namun bukan berarti di sini wairless network tidak memiliki kelemahan. Selain memiliki kelebihan tentunya setiap teknologi akan disertai dengan kelemahannya masing-masing.

Kelebihan wireless network

1. Dalam prosesnya tidak memerlukan penggunaan kabel.
2. Bagi bangunan ataupun gedung yang susah untuk dilakukan penginstalan kabel maka penggunaan jaringan wireless sangatlah diperlukan.
3. Lebih praktis dalam penggunaannya, karena memang tidak ada kabel yang berserakan saat digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lain.
4. Komunikasi data dalam jarak jauh sekalipun dapat menggunakan jaringan wireless ini.

Kelemahan wireless network

1. Wireless network sangat rentan untuk diserang secara remote oleh para hacker.
2. Spektrum frekuensi yang terbatas untuk wireless network membuatnya susah untuk diperoleh.
3. Pengaruh terhadap derau cukuplah besar.
4. Koneksi jaringan dapat saja terganggu akibat adanya interferensi dari gelombang lain.
5. Sinyal wireless umumnya akan terganggu dengan keberadaan fisik seperti pohon, benda-benda yang sulit untuk ditembus sinyal dan tembok.
6. Transfer data berjalan dengan lebih lambat jika dibandingkan dengan penggunaan jaringan yang menggunakan kabel.
7. Kurang terjaminnya keamanan data.
8. Proses operasional instalasi serta pemeliharaan wireless network cenderung mahal.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai apa itu wireless network, serta apa saja kelemahan dan kelebihan yang menyertai jaringan wireless ini. Dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh jaringan wireless, tentunya akan ada banyak kelemahan yang juga menyertai.

Seperti yang telah disebut diatas bahwa salah satu kelemahan dari jaringan wireless ini, yaitu pada biaya ataupun pada transfer data yang berlangsung lambat. Namun saat ini telah banyak yang mulai memadukan antara fungsi wireless dengan jaringan-jaringan lain yang memerlukan kabel.

Hal itu bertujuan untuk menggabungkan kelebihan-kelebihan dari masing-masing jaringan. Demikian pembahasan yang bisa kami jelaskan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com