Penyebab Perdana Telkomsel Tidak Bisa Konek Internet 2020

Penyebab Perdana Telkomsel Tidak Bisa Konek Internet

Apabila anda adalh pengguna setia provider Telkomsel, mungkin anda pernah sekali dua kali mengalami kendala saat berusaha menyambungkan perangkat anda dengan internet.

Padahal bisa jadi dilayar Handphone anda sudah tertera simbol H+ atau 4G. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti jaringan sinyal internet yang kurang baik atau masalah masalah teknis seperti konfigurasi APN dan lain lain.

Artikel ini akan membahas permasalahan ini untuk anda. Termasuk diantaranya solusi yang bisa anda tempuh ketika anda mengalami hal ini. Berikut ini beberapa masalah yang bisa jadi mengakibatkan anda kesusahan untuk konek dengan Internet.

1.    Lokasi tempat anda mengakses Internet adalah lokasi yang memiliki kualitas jaringan yang kurang bagus

 

Meskipun sinyal internet dari provider Telkomsel terkenal memiliki jaringan yang luas serta koneksi yang stabil, adakalanya hal hal teknis seperti lokasi tempat anda mencoba mengakses internet menentukan kualitas jaringan internet anda.  Contohnya adalah ketika anda sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah daerah remote di Indonesia, bisa jadi untuk mendapatkan sinyal Telkomsel anda harus mendaki gunung terlebih dahulu.

Hal ini juga bisa terjadi meskipun anda sedang berada di Jakarta namun tempat anda browsing atau streaming dikelilingi oleh gedung gedung tinggi yang menghalangi aliran sinyal internet. Jika demikian pastikan anda berpindah ke lokasi yang lebih lapang seperti rooftop gedung kantor anda. Jadi, pastikan anda telah berada di lokasi yang memiliki jaringan yang bagus ya teman.

2.    Pulsa anda telah habis, tagihan anda belum anda bayar atau spesifikasi kuota internet yang tersisa tidak sesuai yang anda inginkan

Mungkin alasan ini terdengar remeh, namun pastikan anda telah memeriksa jumlah pulsa anda atau pembayaran tagihan anda.

Jika anda sudah memeriksa kedua hal tersebut namun masih belum bisa browsing atau streaming, maka pastikan kuota yang anda punyai tersebut adalah kuota regular yang bisa digunakan untuk layanan internet jenis apapun dan kapanpun.

Jika kuota yang tersisa adalah kuota game atau kuota malam, maka adalah hal yang wajar jika anda tidak bisa browsing di siang hari.

Cara untuk mengatasi hal ini cukup mudah. Anda bisa menghubungi *888# atau aplikasi MyTelkomsel dan situs Web Telkomsel untuk ngecek sisa kuota dan membeli kuota yang baru.

3.    Konfigurasi APN di perangkat anda salah

Anda sudah memastikan anda sudah berada dilokasi yang tepat untuk internetan dan sudah membayar isi ulang pulsa data anda namun anda masih saja belum terhubung ke internet. Bisa jadi permasalahan anda bukan di lokasi atau pada tagihan tetapi pada APN yang terdapat dalam pengatura perangkat anda.

Access Point Name atau APN adalah konfirasi gateway yang diperlukan sebuah perangkat agar bisa tersambung ke internet (JalanTikus.com:2018). Untuk tersambung ke internet anda harus memastikan isian nama dan password didalam pengaturan perangkat anda telah anda kosongkan. Anda dapat mengatur konfigurasi tersebut melalui mekanisme berikut:

  • Android: Pengaturan > Pengaturan Jaringan > Nama Poin Akses > isi pengaturan APN baru Anda. Ketik ‘Internet’ dan kosongkan username serta password Anda.
  • iOS: masuk ke menu Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Jaringan Data Seluler, untuk mengisi pengaturan APN.

4.    Situs Web yang anda kunjungi adalah situs Web yang sedang bermasalah

Anda telah mengatur ulang pengaturan APN anda tetapi anda masih belum bisa browsing. Mugkin yang menjadi kendala koneksi anda adalah anda mencoba mengakses situs yang sedang bermasalah. Masalah tersebut seperti situs web tersebut sedang dalam masa perbaikan atau terblokir. Jadi anda tetap tidak bisa mengunjungi laman tersebut meskipun anda tidak memiliki tiga permasalahan lainnya.

5.    Anda belum memperbarui jaringan anda

Pastikan untuk tersambung dengan internet, anda telah memperbaharui jaringan anda. Hal ini bertujuan untuk membersihkan pengaturan pengaturan yang tidak terkonfigurasi dengan baik.

Jika Handphone anda merupakan Handphone Android, maka anda bisa melakukan pembaharuan ini dengan membuka opsi pengaturan pada HP anda lalu pilih menu jaringan seluler lantas klik aktivasi jaringan manual pilih operator lain lalu pilih Telkomsel. Untuk Handphone bersistem IOS, anda harus masuk ke opsi pengaturan lalu pilih pengaturan umum, setel ulang dan setel ulang jaringan.

6.    Anda belum mengaktifkan layanan GPRS

Secara definitive GPRS (General Packet Radio Serices) dapat diartikan sebagai teknologi yang mampu mengiri data sebesar 56 sampai 114 Kbps.

Jika anda tidak mendapati masalah pada permasalahan nomor satu hingga nomor lima, berarti kemungkinan anda belum mengaktifkan layanan GPRS kartu Telkomsel anda.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa LAKUKAN step by step berikut:

  1. menelpon ke *363*212#. Lalu setelah tersambung
  2. anda bisa mengetik angka 1.YA untuk menonaktifkan layanan internet anda
  3. lalu menelpon ke *363*213# dan
  4. memilih opsi 1.YA untuk mengaktifkan kembali layanan internet anda.

Selain itu anda juga bisa langsung menelpon ke *363*213# dan memilih opsi 1.YA dan menonaktiifkan layanan internet anda selama beberapa menit dengan mengaktifkan mode pesawat.

Beberapa masalah diatas adalah masalah yang seringkali menyebabkan perangkat anda anda tidak bisa tersambung dengan internet melalui jaringan Telkomsel.

Apabila anda mengalami masalah masalah lain yang belum tertulis pada artikel ini, ada baiknya anda mengubungi Customer Service Telkomsel melalui email cs@telkomsel.co.id atau menghubungi gerai  Grapari terdekat.

Namun jika kartu yang anda gunakan adalah kartu Simpati, loop atau Halo, anda bisa menghubungi nomor 188 menggunakan ponsel anda. Selamat Mencoba!

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *