Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Fitri Tamara 0

Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor – Smartphone dengan sistem operasi android kini merupakan perangkat pintar yang sudah digunakan hampir oleh semua orang di dunia. Berbagai fitur dan kecanggihan yang ada akan sangat bermanfaat untuk memudahkan berbagai aktivitas sehari – hari. Smartphone atau perangkat pintar dibekali dengan segudang kelebihan dan tak jarang pula banyak yang memiliki kekurangan. Yang mana salah satunya adalah baterainya yang dapat bocor.

Baterai yang bocor merupakan masalah yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Masalah yang satu ini disebabkan oleh penggunaan smartphone yang berlebihan dan menimbulkan efek buruk seperti baterai yang cepat habis dan terasa boros. Masalah ini tentunya akan sangat mengganggu dan menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas sehari – hari. Berikut merupakan penyebab dan ciri baterai smartphone yang sudah bocor.

Ciri Dan Penyebab Bocornya Baterai Pada Smartphone

Penyebab Baterai Smartphone Bocor

  1. Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Penyebab pertama yang paling sering dijumpai adalah terlalu seringnya mengisi daya menggunakan powerbank. Powebank memang membantu karena dapat digunakan untuk mengisi daya dikala tidak ada sumber listrik. Disamping itu, bentuk powerbank yang terbilang ekonomis juga mudah dibawa kemanapun. Namun penggunaan powerbank secara berlebihan untuk mengisi daya akan merusak kesehatan pada baterai. Penyebab terburuknya adalah baterai smartphone menjadi lebih boros dan bocor..

  1. Mengecas Sambil Bermain Game

Penyebab kedua yang paling sering dijumpai adalah melakukan pengisian daya sambil bermain game. Hal ini memang merupakan penyebab utama bocornya baterai pada smartphone. Karena daya yang disii dengan sambil bermain game akan meinmbulkan panas pada smartphon. Yang mana akan menyebabkan kerusakan pada baterai. Hal ini tentunya akan membuat baterai pada smartphone manjadi lebih boros dan bocor.

  1. Sering Membiarkan Smartphone Mati Total

Penyebab selanjutnya yang paling sering dijumpai adalah seringnya menggunakan smartphone sampai keadaan mati total. Smartphone yang sering digunakan sampai mati akan menimbulkan kerusakan pada baterai. Sangat disarankan untuk mengisi daya jika indikator baterai pada smartphone sudah dibawah 25%.

 

Ciri Bateri Smartphone Yang Bocor

  1. Bateri Menggembung

Ciri pertama baterai smartphone yang bocor adalah bentuk baterai berubah menggembung. Ciri yang ini memang sangat mudah untuk diketahui karena nampak dengan jelas. Anda dapat memperhatikan kondisi fisik pada baterai melalui permukaan atas. Atau anda juga dapat merabanya menggunakan tangan untuk memastikan bentuk baterai smartphone anda masih rata dan tidak menggembung.

  1. Persentase Penambahan Daya Yang Tidak Biasa

Ciri kedua baterai smartphone yang bocor adalah penambahan persentase baterai yang tidak normal. Hal ini dapat anda perhatikan ketika melakukan pengisian daya smartphone. Smartphone denang penambahan baterai yang tidak normal sudah dapat dipastikan bahwa memiliki baterai dalam keadaan bocor.

Nah demikian tadi merupakan beberapa ulasan mengenai ciri dan penyebab bocornya baterai pada smartphone. Semoga bermanfaatt.

 

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com