Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Fitri Tamara 0

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android – Ponsel berbasis Android kini merupakan sebuah smartphone yang paling banyak digunakan oleh banyak orang di dunia. Smartphone yang kini telah menjadi kebutuhan utama dalam bagian hidup masyarakat modern yang memudahkan pekerjaan dan aktivitas sehari – hari. Berbagai manfaat dan fungsi ponsel android kini sudah banyak orang yang mengetahuinya. Namun tak jarang juga jika perangkat android mengalami berbagai masalah seperti bootloop.

Bootloop, merupakan sebuah masalah serius yang paling dihindari oleh para pengguna ponsel android. Jika android mengalami masalah botloop, maka yang terjadi adalah ponsel android anda akan stuck di logo boot dan tak dapat digunakan. Masalah ini memang serius dan juga sangat menjengkelkan. Namun, anda tak perlu khawatir jika menemui atau mengalami masalah tersebut. berikut kami sajikan ulasan singkatnya mengenai cara mengatasi dan penyebab botloop pada ponsel android.

Cara Mengatasi Bootloop di Android dan Penyebabnya

Penyebab Bootloop

  1. Flashing Custom ROM

Penyebab pertama yang paling sering dijumpai ketika ponsel android mengalami bootloop adalah flashing custom ROM. Melakukan flashing pada custom ROM akan membuat dalvik dan cache yang belum terhapus menjadi menimbun dan dapat menimbulkan bootloop.

  1. Instal Mod

Penyebab kedua yang paling sering dijumpai ketika ponsel android mengalami bootloop adalah terlalu sering menginstall mod. Mod merupakan sebuah data yang digunakan untuk mengkustomisasi sistem android. Dibandingkan iOS, android dapat dengan mudah untuk dicustom. Namun jika anda menginstall mod yang tidak kompatibel dengan ROM yang digunakan, maka dapat dipastikan smartphone android anda akan mengalami bootloop.

  1. Salah Mengatur Permission

Penyebab kedua yang paling sering dijumpai ketika ponsel android mengalami bootloop adalah salah dalam mengatur permission. Permission merupakan fitur dalam sistem operasi android yang berfungsi untuk perizinan pada aplikasi yang di instal pada perangkat ataupun sistem. Jika anda asal asalan dalam mengatur permission, maka smartphone anda dapat mengalami bootloop dan tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Bootloop di Android

  1. Membersihkan Dalvik Cache

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bootloop di Android adalah dengan sering membersihkan dalvik cache. Hal ini bertujuan untuk menghapus sampah yang menumpuk pada recovery smartphone. .

  1. Menghapus Data

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang mengalami masalah bootloop adalah melakukan hapus data. Factory reset melalui recovery mode merupakan cara yang paling jitu untuk mengatasi bootloop pada perangkat android. Anda cukup menghapus data kemudian menginstall ulang rom yang akan digunakan.

Nah, demikian beberapa ulasan singkatnya mengenai cara mengatasi bootloop pada android dan juga berbagai penyebabnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com