Penyebab dan Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri

Fitri Tamara 0

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri – Berbagai jenis smartphone kini bertebaran di pasaran gadget tanah air. Karena itulah, memiliki kualitas dan spesifikasi yang berbeda terntung pada jenis harga ponsel tersebut. Namun yang jelas dari banyaknya merek perangkat Android tentu mempunyai kekurangan baik dari segi software maupun hardware. Paling tidak pengguna ponsel mengerti akan hal semacam ini.

Perlu diketahui bahwa tidak sedikit HP Android yang sering mengalami restart sendiri bahkan terkadang smartphone tidak dapat masuk ke menu utama. Adapun penyebabnya adalah suhu dalam hardware yang terlalu panas, sehingga terjadi overheat. Bisanya ponsel tersebut tidak pernah berhenti dalam menjalankan aktifitas Android, seperti main game atau crash software. Nah, berikut ini cara mudah mengatasi HP Android restart sendiri.

Penyebab dan Cara Atasi Android Yang Sering Restart Otomatis

Penyebab Android Sering Restart Sendiri

  1. Sistem Operasi Mengalami Error

Penyebab android yang sering mengalami restart sendiri biasanya terdapat eror pada sistem operasi. Sistem operasi yang eror biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Hal sepele yang dapat menyebabkan eror adalah sistem operasi yang tidak pernah di update ke versi terbaru. Biasanya pada sistem operasi versi lama masih terdapat bug dan eror.

  1. Kerusakan pada hardware

Penyebab kedua biasanya disebabkan oleh kerusakan beberapa komponen pada smartphone android. Beberapa komponen ini dapat menimbulkan konslet pada setiap bagian lain yang ada pada hardware sehingga menimbulkan kinerjanya menjadi salah dan tidak beraturan.

Tips Mudah Mengatasi Smatphone Yang Sering Restart

1.Hapus Aplikasi Yang Tidak Berguna

Setidaknya hapus beberapa aplikasi tertentu yang dianggap tidak penting. Hal tersebut akan membuat penyimpanan internal penuh dan mampu berjalan di di background, sehingga memakan RAM terlalu banyak. Alangkah baiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi yang sekiranya tidak membantu pekerjaan anda. Meskipun terlihat sepele tapi pada kenyataanya membuat smartphone seringkali mengalami restart sendiri.

2 Menghapus File Cache

Menumpuknya file sampah maupun cache akan menjadikan sistem kinerja Android semakin berat. Maka tak heran jika smartphone lebih kerap mengalami lemot atau lambat. Pasalnya pada saat menjalankan aplikasi maupun game berat, hardware akan bekerja lebih cepat. Jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus, memungkinkan terjadi overheat. Karena itulah smartphone akan restart sendiri secara paksa guna menyegarkan Android.

  1. Factory Reset HP Android

Apabila anda melakukan reset ke bagian pengaturan pabrik, maka smartphone sedang berada di posisi awal layaknya pada saat membeli ponsel baru. Dengan begitu aplikasi yang terinstall dan data akan terformat. Sebaiknya lakukan backup data yang dirasa penting ke dalam laptop atau media lain sebelum menerapkan cara ini. Anda tinggal menuju ke Setting << Backup & Reset << Factory Data Reset dan pilih  menu pada Reset Phone.

  1. Upgrade atau Downgrade Sistem Android

Mungkin anda masih menggunakan sistem operasi lawas yang perlu dilakukan upgrade ke versi terbaru. Sebagai contoh, anda melakukan upgrad dari Android Lollipop ke versi Marshmallow, namun dengan catatan smartphone tersebut kompatibel. Jika tiba-tiba ponsel Android anda mengalami restart sendiri, kemungkinkan besar sistem operasi 6.0 memiliki bug sehingga perlu melakukan downgrade ke versi sistem operasi sebelumnya.

  1. Unroot HP Android Yang Sudah di Root.

Ada kalanya anda menerapkan sistem unroot jika sebelumnya memang pernah melakukan rooting. Biasanya penyebab smartphone Android tiba-tiba mati adalah proses root. Hal ini terjadi karena perangkat Android pernag diroot akan sistem keamanan yang berkurang, sehingga berbagai macam ancaman bisa masuk ke ponsel tersebut.
Sebaiknya melakukan hal ini anda mencari referensi unroot sesuai model smartphone.

Demikian ulasan singkat dari Cara Mengatasi HP Android yang Sering Restart Sendiri, semoga bermafaat bagi kita semua.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com