Mengenal Cloudflare, Fungsi dan Kapan Perlu Menggunakannya

Fitri Tamara 0

Mengenal Cloudflare, Fungsi dan Kapan Perlu Menggunakannya. Saat Anda mengelola sebuah website, maka tentunya keamanan serta kecepatan dari sebuah website merupakan hal yang di sini perlu Anda perhatikan. Sementara untuk mencapai kedua hal tersebut, Anda bisa memakai cloudflare. Dalam artikel kali ini akan kami ulas mengenai cloudflare, fungsi dan kapan perlu menggunakan secara ringkas agar Anda bisa mengelola website dengan lebih maksimal lagi.

Apa Fungsi dari Cloudflare Ini?

 

Cloudflare di sini digunakan bagi Anda yang ingin memiliki website yang jauh lebih aman dari serangan ataupun aktivitas yang berpotensi untuk merusak performa dari website Anda. Selain itu juga cloudflare menawarkan berbagai macam layanan yang berfungsi dengan fasilitas yang tersedia.

Fasilitas – fasilitas yang dapat diperoleh ketika website memakai cloud flare yaitu analytic untuk request, mitigasi dari bahaya Ddos dan lain sebagainya. Banyak dari pemilik website yang telah memakai cloudflare.

Dengan memakai cloudflare tersebut name server akan otomatis mengikuti name server dari jaringan dan cloud flare. Hal itu tentunya akan membuat segala aktivitas yang terdapat di website tersaring serta mampu diakses dengan lebih cepat lagi. Cloudflare sendiri mempunyai beberapa fungsi di antaranya sebagai berikut :

hostnic.id
  1. Mengontrol Aktivitas Berbahaya di Website

Fungsi dari cloudflare yang pertama adalah mengawasi segala aktivitas berbahaya yang terjadi di website. Cloudflare ini juga memiliki peran dalam menerima berbagai macam permintaan akses yang selanjutnya akan dianalisis apakah para pengunjung website berbahaya atau tidak.

Hal tersebut dapat dilihat dari sumber yang diakses IP, serta seberapa sering pengunjung tersebut mengakses ke website Anda. Jika kunjungan terlihat seperti ancaman, maka nantinya cloudflare di sini akan mulai memblokir pengunjung tersebut.

Dengan memakai cloud flare, situs yang Anda kelola tentu akan terhindar dari berbagai macam serangan yang berbahaya. Nantinya Anda juga bisa memantau laporan yang terdapat di dashboard cloudflare.

  1. Memberikan Jalan Pada Pengunjung untuk Koneksi Cepat

Dengan menggunakan cloudflare nantinya para pengunjung akan diarahkan pada data center yang lebih dekat. Hal tersebut tentunya dapat mempercepat akses ke website jika dibandingkan ketika tidak memakai cloudflare.

  1. Menyaring Komentar Spam

Fungsi lain dari cloudflare yaitu untuk melakukan penyaringan terhadap komentar yang dirasa spam di website Anda. Dengan memakai data dari pihak ketiga tersebut, nantinya cloudflare akan mampu melindungi website menggunakan cara menyaring komentar yang muncul di website Anda.

  1. Browsing Offline

Fungsi keempat dari cloudflare yang perlu Anda ketahui yaitu memungkinkan bagi para pengunjung agar tetap dapat mengakses website sekalipun berada dalam mode offline ketika hosting tengah mengalami gangguan.

Cloudflare akan bertindak sebagai chace content yang statis untuk website seperti contohnya JavaScript, CSS dan lain sebagainya. Saat memakai cloudflare, halaman website telah terdapat di dalam cache cleaner.

  1. Mengetahui Adanya Infeksi Virus

Cloudflare di sini juga mempunyai kemampuan untuk memberikan peringatan kepada pengunjung saat komputer yang tengah ia gunakan terinfeksi oleh virus. Cloudflare nantinya akan menampilkan peringatan serta menyarankan pada pengunjung agar segera melakukan pembersihan pada virus yang tengah menyerang komputernya. Nantinya para pengunjung akan diminta untuk memasukkan captcha saat ingin mengakses website Anda.

Dari beberapa pembahasan yang kami jelaskan di atas, tentu Anda sudah mengetahui beberapa fungsi yang dimiliki cloudflare. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat .

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com