Lengkapi Tampilanmu, Pilih Jam Konvensional atau Jam Pintar?

Fitri Tamara 0

Jam yang pada dasarnya merupakan alat penunjuk waktu semakin berkembang dari fungsi dan estetikanya. Iya, saat ini jam juga merupakan bagian dari fashion dan juga gaya hidup serta memiliki nilai sebagai sebuah status sosial.

Dengan kecanggihan teknologi, saat ini jam tangan tidak lagi hanya sebagai penunjuk waktu, simbol kekayaan maupun juga gaya hidup. Jam tangan pintar atau dikenal dengan istilah smartwatch memiliki fungsi yang hampir menyerupai telepon genggam.

Jika saat ini telepon genggam semakin masif ukurannya dan sulit untuk disimpan di saku, maka notifikasi yang muncul pada layar ponsel dapat di tampilkan juga pada layar di smartwatch. Jam pintar ini tidak memiliki dial seperti pada jam tangan pada umumnya dan digantikan oleh layar yang bisa menampilkan banyak hal serta mempermudah dalam mengoperasikan beberapa perangkat lainnya yang terhubung dengna smartwatch.

Meskipun tren penggunaan smartwatch kian meningkat, hal tersebut ternyata tidak membuat produsen jam konvensional menurunkan harganya atau mengikuti tren. Mereka masih bertahan dengan ciri khasnya dan juga kualitas apik yang mereka tawarkan.

Dari segi harga saja, smartwatch termahal pun masih seharga Jam tangan yang dikeluarkan oleh brand seperti Omega, Oris, Rado dan beberapa jam tangan dikisaran 20 Juta-an. Selain dari segi harga, segmen pasar pengguna smartwatch di Indonesia sendiri didominasi oleh kalangan remaja dan juga beberapa orang dewasa yang hobi berolah raga.

Dari kacamata saya pribadi, jam tangan konvensional memang sekilas terlihat ketinggalan zaman. Tetapi nyatanya hanya sedikit yang memanfaatkan smartwatch untuk kegunaan penunjuk waktu, sisanya hanya sebagai penunjang tampilan yang mengusung kecanggihan ataupun digunakan saat olah raga.

Padahal menurut saya pribadi menggunakan smartwatch juga tidak memberikan unsur berkelas. Dan juga jam pintar tersebut harus selalu diisi daya baterainya apabila selalu terhubung dengan ponsel kita. Kekurangan yang sangat terlihat dari smartwatch yaitu baterainya yang kecil sehingga tiap malam anda harus melakukan isi ulang daya pada telepon genggam dan juga jam pintar anda.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.