Keunggulan Fitur Smart Home System Teknologi Indonesia

Fitri Tamara 0

Keunggulan Fitur Smart Home System
Teknologi Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal itu dibuktikan dengan adanya teknologi smart home system, yang merupakan jenis teknologi dengan tujuan untuk mengendalikan berbagai peralatan di dalam rumah secara otomatis.

Teknologi ini sudah mulai diterapkan di Indonesia. Seperti contohnya di wilayah Jakarta sudah banyak rumah-rumah yang menggunakan konsep teknologi smart home system. Banyak manfaat yang bisa didapat dari menerapkan teknologi ini.
Salah satu manfaat yang bisa Anda dapat yaitu Anda akan mampu mengontrol ataupun memantau segala fasilitas yang ada di rumah Anda.

Hal itu dikarenakan memang smart home memiliki fitur-fitur yang dapat melakukan hal tersebut.

roboticsandautomationnews.com

1. Fitur kamera keamanan
Tentunya fitur ini berguna untuk menjaga keamanan rumah Anda dengan cara memantau segala aktivitas yang terjadi di dalamnya. Tentunya Anda tidak akan setiap saat berada di dalam rumah.
Sehingga dengan menggunakan fitur ini Anda dapat memantau bagaimana keadaan rumah Anda selagi Anda berada diluar, melalui smartphone Anda. Jadi sekalipun Anda berada di luar kota, Anda tetap bisa melihat keadaan di dalam rumah serta di sekitar rumah Anda menggunakan teknologi smart home ini.

Apa saja fitur-fitur yang tersedia di smart home system?

2. Fitur alarm
Tak hanya memiliki kamera keamanan saja, teknologi rumah pintar juga menyediakan fitur alarm bagi keamanan rumah Anda. Sehingga dengan adanya fitur ini maka keamanan rumah Anda benar-benar terjamin.

Ada banyak macam pilihan alam yang bisa diterapkan, antara lain yaitu alarm untuk sensor saat terjadi kebocoran gas, alarm saat terjadi pencurian atau dibobol oleh orang asing, alarm untuk menandakan kebakaran dan lain-lain.

Dengan adanya fitur ini nantinya Anda dapat melakukan tindakan cepat untuk menanggulangi masalah yang mungkin muncul di rumah Anda.

3. Fitur kunci pintar
Fitur selanjutnya yaitu fitur kunci pintar. Dengan adanya fitur ini rumah Anda tidak akan mudah untuk dimasuki oleh orang tak dikenal. Karena memang dengan adanya fitur ini maka akses pintu hanya bisa dilakukan dengan memasukkan kode yang hanya diketahui oleh Anda sebagai pemilik rumah. Otomatis hal itu akan semakin membuat rumah Anda aman dari tindak pencurian.

4. Fitur audio
Manfaat lain dengan menerapkan smart home system di rumah Anda, yaitu Anda bisa menggunakan fitur audio yang terdistribusi merata di seluruh bagian rumah. Hal itu dikarenakan speaker yang menghasilkan audio tersebut dipasang di banyak bagian rumah.

Seperti contohnya di tanah, di dinding-dinding rumah beserta di langit-langit. Dengan adanya sistem audio yang terdistribusi tersebut otomatis Anda dapat menikmati musik dengan lebih maksimal. Suara akan terdengar di seluruh bagian rumah.

5. Fitur cahaya pintar
Fitur selanjutnya yang begitu menarik yaitu fitur cahaya pintar. Cahaya pintar dari sistem smart home ini diklaim lebih hemat energi 80% jika dibandingkan dengan pencahayaan rumah-rumah pada umumnya.

Fitur ini sangat berguna dalam penghematan energi. Dengan adanya fitur ini, lampu di dalam rumah Anda akan otomatis mengatur jumlah cahaya yang harus di pancarkan. Untuk menghidupkannya Anda tidak perlu melakukannya secara manual, karena segalanya sudah serba otomatis.
Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai keunggulan fitur smart home system.

Dari penjelasan tersebut, Anda dapat mengetahui keunggulan fiturnya. Terima kasih sudah berkunjung ke situs kami, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com