Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Action Camera

Fitri Tamara 0

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Action Camera – Bagi Anda yang selalu update tentang berita-berita seputar teknologi, tentunya tidak akan merasa asing dengan istilah action cam. Banyak para generasi muda Indonesia yang yang menggandrungi teknologi yang satu ini.

Keinginan untuk terus update di dunia maya membuat banyak anak muda yang rela merogoh koceknya untuk membeli action cam ini. Saat ini pun telah banyak bermunculan ragam merek dari action cam yang bisa Anda beli. Namun tentunya dari beragam merek tersebut, Anda perlu mempertimbangkan mana yang benar-benar memiliki kualitas bagus.

Apa saja hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih action cam?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membeli action cam.

bukalapak.com

1. Perhatikan dengan teliti
Jika Anda mengunjungi situs-situs marketplace maka Anda akan melihat di sana banyak sekali action cam yang disediakan, tentunya dengan beragam merek. Bahkan beberapa dari action cam tersebut memiliki spesifikasi, bentuk, serta warna yang serupa satu sama lain, namun memiliki merek yang berbeda.
Oleh karena itu Anda perlu hati-hati, jangan sembarangan dalam memilih. Action cam yang Anda lihat tersebut tergolong dalam action cam generic. Macam-macam jenis ini tidak diketahui dengan jelas perusahaan yang menjadi produsennya.
Tentunya Anda tidak mau memilih action camera dari perusahaan abal-abal yang tidak jelas kualitasnya.

2. Cek resolusi video
Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu cek resolusi video. Karena tidak sedikit action camera yang mengklaim bahwa kameranya memiliki resolusi video tinggi. Namun ketika Anda mulai mencobanya, ternyata kualitas video yang Anda dapat sangat buruk atau tidak sesuai seperti yang tertera di spesifikasi.
Jika Anda menemui action camera yang dijual dengan harga murah namun mengklaim resolusi videonya mencapai 4K, maka Anda perlu pastikan terlebih dahulu agar tidak terkecoh. Jangan mudah tergiur oleh harga murah yang ditawarkan.

3. Tanyakan garansi
Salah satu kelemahan dari pembelian action camera yaitu tidak adanya garansi. Banyak action camera yang tidak menyertakan garansi untuk konsumen yang ingin membelinya. Hal itu dikarenakan produsen action camera yang berasal dari Indonesia hanya melakukan bulk order dari negara-negara tetangga.

Setelah barang-barang itu sampai, tanpa dilakukan pengecekan kualitas maupun jaminan, barang-barang itu langsung dijual di pasaran. Oleh karena itu pilihlah merek kamera yang menyertakan garansi jelas di dalamnya. Anda bisa cek situs resmi dari perusahaan tersebut.
Dalam situs tersebut tentunya akan terdapat informasi mengenai klaim garansi serta kontak yang perlu dihubungi. Sehingga dengan begitu ketika Anda membeli action cam dan terjadi kerusakan, Anda bisa melakukan klaim tersebut.

4. Lihat review
Untuk lebih memastikan apakah merek action camera yang Anda beli benar-benar memiliki kualitas yang bagus, Anda perlu membaca review yang diberikan oleh para pengguna ataupun pembeli lainnya yang telah lebih dulu membeli.
Dalam review tersebut tentunya akan banyak sekali komentar yang diberikan seperti apakah action cam tersebut tahan lama atau mungkin cepat rusak? apakah kualitas video yang diberikan benar-benar bagus atau bahkan amat buruk? dan hal-hal lain terkait mengenai kualitas dan kinerja action cam.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com