Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

Fitri Tamara 0

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi – Nusakambangan adalah nama dari sebuah pulau yang lokasi persisnya berada di lepas pantai sebelah selatan Kabupaten Cilacap sehingga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatannya. Meskipun lokasinya sangatlah dekat dengan Kabupaten Cilacap, namun ternyata Pulau Nusakambangan secara administratif tidak termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Cilacap. Pulau yang satu ini  berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM serta tercatat sebagai salah satu pulau terluar Indonesia.

Pulau Nusakambangan memang dikenal sebagai Lembaga Pemasyarakatan yakni tempat untuk menahan para narapidana dengan kasus – kasus yang berat sehingga mungkin terdengar menyeramkan bagi sebagian orang. Meskipun demikian, ternyata Pulau Nusakambangan menyimpan potensi wisata yang besar dengan pesona keindahan alam yang dimilikinya. Hal tersebut tentu saja akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi Nusakambangan, pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa destinasi wisata di pulau tersebut.

Destinasi Wisata Pulau Nusakambangan Yang Menarik Dikunjungi

  1. Pantai Permisan
wonderfulcilacap.wordpress.com

Destinasi wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Pulau Nusakambangan adalah Pantai Permisan, pantai yang satu ini memiliki karakteristik layaknya pantai yang ada di kawasan Gunungkidul di mana Anda bisa menemukan hamparan pasir putih yang sangat luas dan berpadu dengan birunya air laut, Anda juga akan bisa menemukan beberapa batuan karang yang ada di pantai ini.

  1. Pantai Karangpandan

Pantai Karangpandan merupakan destinasi wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi di Nusakambangan, pantai yang satu ini lokasi persisnya ada di bagian timur Pulau Nusakambangan. Pantai Karangpandan sendiri masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga pantai yang satu ini memiliki panorama alam yang masih sangat asri karena terjaga kelestariannya.

  1. Benteng Karangbolong

Selain memiliki pantai yang indah, Anda juga bisa mengunjungi Benteng Karangbolong yang lokasinya masih berada di kawasan Pantai Karangbolong, benteng yang satu ini dibangun pada tahun 1930-an dan merupakan benteng peninggalan Belanda. Benteng Karangbolong ini sangat sesuai untuk dikunjungi oleh anda yang menyukai wisata sejarah, Anda bisa masuk ke dalam benteng untuk menyusuri lorongnya.

  1. Goa Ratu

Goa Ratu adalah destinasi wisata keempat yang bisa Anda kunjungi di Pulau Nusakambangan, goa yang satu ini menjadi induk dari beberapa goa yang ada di pulau ini. Goa Ratu merupakan salah satu goa alami yang memiliki pesona alam yang sangat indah, Anda bisa masuk ke dalam goa dan menyaksikan stalaktit dan stalakmit di dalamnya yang menambah keeksotisan dari goa ini.

  1. Kampung Laut

Destinasi wisata kelima yang tidak boleh Anda lewatkan di Nusakambangan adalah Kampung Laut yang mana lokasi persisnya berada di selat kecil di sebelah utara Pulau Nusakambangan. Kampung Laut sendiri merupakan sebuah kampung nelayan yang termasuk ke dalam Kabupaten Cilacap, Anda akan bisa menyaksikan aktivitas sehari – hari masyarakat nelayan dan berinteraksi langsung dengan mereka.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk berlibur ke Pulau Nusakambangan, maka Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik yang ada di atas.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com